10 Teknik Budidaya Tanaman Hias yang Wajib Diketahui

Teknik Budidaya Tanaman Hias – Sejak dahulu kita tahu bahwa tanaman hias menjadi salah satu media yang cukup mampu menghasilkan keuntungan dan pendapatan bagi sebagian besar orang yang menekuninya. Hal tersebut karena ternyata tanaman hias sendiri banyak sekali peminatnya baik itu dari kalangan perorangan ataupun kalangan pebisnis yang ingin memperbanyak jenis tanaman hias yang mereka inginkan tersebut.

Hanya saja bagi anda yang ingin memanfaatkan hal tersebut sebagai usaha anda, tentu saja adabanyak hal yang perlu diperhatikan ketika anda ingin menjadi pembudidaya tanaman hias. Salah satu yang perlu anda pahami dan ketahui adalah tentang teknik budidaya tanaman hias yang mana secara umum akan dapat bermanfaat dan beguna untuk bisa anda terapkan pada jenis tanaman hias yang akan anda tekuni.

Teknik dasar budidaya tanaman hias sendiri mengacu pada beberapa hal umum seperti pemilihan bibit, pemberian nutrisi pada tanaman tersebut serta perawatn yang baik. Teknik dasar tersebut jika anda lakukan dengan baik dan benar sesuai dengan porsi tiap-tiap jenis tanaman hias tentu saja akan berdampak besar pada keberhasilan anda memperoleh sebuah jenis tanaman hias yang menarik.

Dengan banyaknya jenis tanaman hias yang ada memang tidak heran apabila kita juga banyak menemukan para pelaku budidaya tanaman hias disekitar kita. Bagi anda yang melihat ini bisa menjadi salah satu mata pencaharian yang bisa anda lakukan namun anda terhalang tidak mengetahui teknik budidaya tanaman hias itu seperti apa, maka anda tepat sekali berada pada artikel terbaru kami yang satu ini.

Teknik Budidaya Tanaman Hias

Teknik Budidaya Tanaman Hias

Teknik Budidaya Tanaman Hias

Yang dimana seperti judul yang kami tuliskan diatas, pada kesempatan kali ini akan kita bagikan tentang tips mengenai teknik budidaya tanaman hias yang bisa anda pelajari agar anda bisa menjadi seorang pembudidaya tanaman hias yang handal. Apa saja teknik tersebut? silahkan anda simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Baca :  12 Tanaman Hias Merambat Paling Populer Dan Mudah Dirawat

Persiapan Media Tanam

Kita tahu bahwa tanaman hias itu sangatlah banyak macamnya. Selain itu jenis-jenis tanaman hias tersebut juga memiliki media tanam yang berbeda ada yang harus tumbuh diatas tanah, ada pula yang harus menempel di batang pohon serta yang lainnya. Oleh karena itu salah satu teknik budidaya tanaman hias yang harus dan kuasai adalah mengenal media tanam.

Untuk menyiapkan media tanam sendiri kita tahu bahwa hal tersebut tidaklah sulit karena saat ini ada banyak sekali penyedia media tanam yang siap pakai. Hanya saja hal yang mungkin cukup silit adalah memahami berbagai sifat dan kebiasaan tanaman yang akan kita pelihara tersebut ketika hidup di alam liar.

Dengan kita mengetahuinya tentu saja kita bisa mengatur sedemikian rupa media tanam yang cocok dan tentu saja hal ini akan berdampak pada kesuburan tanaman tersebut. Dan berikut adalah beberapa jenis media tanam untuk tanaman hias yang umumnya banyak di gunakan oleh para pembudidaya tanaman hias :

  1. Dalam Bentuk Pot : Jenis ini biasana sangat bervariatif mulai dari pot tanah liat, pot pakis atau kayu, kemudian pot plastik, pot semen, pot kaleng, pot kaca dan juga beberapa macam jenis pot lainnya
  2. Tanah : Kemudian selain jenis media tanaman hias dalam bentuk pot, ada juga jenis media taman berupa tanah yang banyak sekali jenisnya mulai dari tanah pasir, tanah lempung, tanah geluh dan juga jenis tanah lainnya
  3. Air : Nah biasanya ada juga ni para pembudidaya yang menggunakan media air sebagai media tanamnya yang pada umumnya selalu di letakan pada bejana, kolam ataupun juga akuarium.

Penyiraman Tanaman

Sama seperti kehidupan manusia ataupun hewan dan makhluk hidup lainnya, keberadaan tanaman hias juga tidak akan pernah lepas dari kebutuhannya terhadap air. Karena air sendiri akan membawa mineral-mineral dari tanah ke daun yang kemudian didalam daun tersebut air dan gas asam arang (Co2) akan membentuk cadangan makanan.

Baca :  10 Cara Menanam Bunga Seruni Bagi Pemula

Didalam sel tanaman sendiri, air kan menjadi turgor (tegangan sel) yang akan menjaga agar setiap sel-sel selalu mengembang dan tidak layu. Hanya saja teknik budidaya tanaman hias ini masih ada yang belum mengetahuinya apabila tanaman terlalu banyak mendapatkan asupan air, maka hal tersebut akan mebuat pori-pori tanah biasa terisi udara justru kini harus terisi dengan air.

Hal tersebut berdampak pada pembentukan akar tanaman hias tidak akan sempurna karena akar tidak bisa bernafas dan akan membusuk. Sementara jika kekurangan air maka kandungan air yang ada didalam tubuh tanaman tersebut akan terus diuapkan dan otomatis akan membuat sel-sel didalam tubuh tanaman hias tersebut akan habis yang berakibat tanaman akan layu dan mengerut.

Pemupukan Tanaman

Pemupukan Tanaman Hias

Pemupukan Tanaman Hias

Tidak hanya membutuhkan kadar air untuk keberlangsungan hidup sebuah tanaman hias, bagi anda yang ingin membudidayakan sebuah tanaman hias tentu saja harus mengetahui teknik budidaya tanaman hias lainnya bukan. Nah salah satunya adalah teknik pemupukan. Yang dimana tubuh tumbuhan juga membutuhkan zat-zat makanan untuk keberlangsungan hidupnya.

Dan umumnya zat-zat makanan yang mutlak harus di penuhi setiap tanaman adalah unsur C, H, O, N, S, P, dan K. Yang dimana unsur C dan O merupakan sebuah unsur yang di ambil tumbuhan dari udara. Sedangkan unsur H diambil dari air tanah dan unsur N, P, K, dan S merupakan unsur yang akan di peroleh dari garam-garam yang larut dalam air tanah.

Unsur C, O dan unsur H akan selalu bekerja sama dalam proses fotosintesis untuk pembentukan cadangan makanan. Sementara untuk N selalu di gunakan tumbuhan untuk membetuk protein didalam setiap sel tubuh yang sedang tumbuh, membuat dedaunan sehat dan segar serta akan menyehatkan pertumbuhan tanaman tersebut.

Dengan mengetahui teknik budidaya tanaman hias seperti ini tentu saja anda akan bisa lebih memahami kebutuhan setiap tanaman hias yang harus selalu anda penuhi agar hasil yang didapat pun semakin maksimal. Selain unsur diatas, Unsur P selalu di butuhkan sebuah tanaman untuk membentuk ini sel dan pembelahan sel serta pembentukan akar.

Baca :  10 Cara Menanam Bunga Asoka Agar Cepat Tumbuh

Oleh karena itu anda yang ingin menjadi seorang budidaya tanaman hias harus terus selalu memperhatikan pemupukan yang baik dan benar agar nantinya hasil yang di dapat semakin maksimal

Penempatan Tempat Tanam

Tidak hanya mengetahui teknik budidaya tanamah hias dari sektor pemupukan atau media tanam dan penyiraman tanaman saja yang harus dan ketahui, ternyata salah satu faktor yang akan membuat hasil tanaman hias yang akan kita budidaya ini bisa optimal adalah sektor penempatan tempat tanaman yang pas dan juga sesuai dengan karakter tiap-tiap tanaham hias tersebut.

Bicara mengenai tempat peletakan tanaman hias yang kita budidayakan terbagi menjadi beberapa faktor penting yang bisa dan harus anda pahami. Beberapa faktor tersebut antara lain adalah :

  1. Faktor Cahaya
  2. Faktor Temperatur
  3. Faktor Kelembapan
  4. Faktor Udara

Nah faktor-faktor tersebut harus selalu bersinergi agar proses pertumbuhan tanaman hias yang anda sedang budidaya akan berakhir memuaskan.

Menjaga Kesehatan Tanaman

Hal lain yang juga tidak kalah pentingnya dalam teknik budidaya tanaman hias adalah menjaga kesehatan tanaman. Yang dimana tanaman sendiri selalu memerlukan perawatan dan perhatian yang cukup agar proses pertumbuhannya semakin baik dan berimbas pada hasil akhir yang maksimal. Maka dari itu menjaga kesehatan tanaman juga menjadi salah satu faktor atau teknik dasar budidaya tanaman hias yang perlu untuk anda pahami.

Nah itulah kiranya beberapa tips mengenai teknik budidaya tanaman hias yang harus anda ketahui dan pahami sebelum anda terjun menjadi seorang budidayawan sebuah tanaman hias yang sukses. Jangan lupa juga untuk menyimak artikel menarik kami lainnya seputar Tips Budidaya Tanaman Hias Bagi Pemula yang sudah kami bagikan sebelumnya. Semoga bisa bermanfaat.

Assign a menu in the Left Menu options.
Assign a menu in the Right Menu options.