17 Tanaman Pembersih Udara Terbaik Penghias Rumah

Tanaman Pembersih Udara – Melakukan dekorasi ruang dengan media tanaman memang sangat menyenangkan apabila dilakukan. Menggunakan tanaman hias yang beragam jenisnya membuat kita semakin kreatif meletakkan nya pada sudut yang sesuai. Dengan tata ruang yang pas maka anda akan mendapatkan pemandangan memanjakan mata. Apalagi jika ditambah dengan tanaman hias yang semakin mempercantik tampilan rumah.

Anda dapat menerapkan bunga cantik agar rumah berasa lebih indah dan asri. Ternyata beberapa tanaman hias memiliki kegunaan lain yaitu menjadi tanaman pembersih udara secara alami di dalam rumah. Dengan tanaman pembersih udara anda dapat menggantikan peralatan air purifier untuk memurnikan udara di dalam rumah. Tentunya menggunakan tanaman jenis ini jauh lebih ramah lingkungan dan ekonomis.

Contoh tanaman pembersih udara adalah anggrek karena dapat diterapkan di tempat belajar, ruangan kerja, ruang tamu dan berbagai sisi rumah lain nya. Selain membersihkan udara, beberapa tanaman lain juga mampu menghasilkan oksigen yang banyak sehingga mampu menyerap debu maupun kotoran disekitar. Rumah akan jadi lebih segar dan sehat karena pasokan udara bersih yang selalu berputar di dalam rumah.

Tak hanya itu, beberapa tanaman penyerap debu ini juga memiliki tampilan menarik sehingga cocok dijadikan dekorasi interior atau eksterior pada bagian rumah. Memang menanam dalam media pot membutuhkan perawatan, pencahayaan, air serta tanah yang sesuai. Oleh karena itu perlu diperhatikan cara menanam dan meletakkan beberapa jenis tanaman penyerap udara akrena mempengaruhi pertumbuhan nya.

Tanaman Pembersih Udara Terbaik

Tanaman Pembersih Udara

Tanaman Pembersih Udara

Oksigen yang dihasilkan tanaman ini mampu menyerap berbagai zat beracun dan polusi sehingga sirkulasi udara tetap terjaga. Disamping itu kebanyakan tanaman pembersih udara dijual secara bebas di toko bahkan secara online dengan harga terjangkau. Sebagai rekomendasi kami sudah menyiapkan ulasan seputar 17 tanaman pembersih udara terbaik yang dapat anda pilih sebagai penghias ruangan berikut ini

1. Suplir

Suplir

Suplir

Tanaman pembersih udara yang pertama adalah suplir dimana cocok digunakan sebagai dekorasi interior maupun eksterior. Pasokan oksigen yang dihasilkan tergolong lebih banyak jika dibandingkan tanaman biasa. Namun kekurangan nya anda harus melakukan perawatan dengan mengeluarkan nya 3 hari sekali untuk memperoleh sinar matahari. Selain itu tangkai yang sudah kering wajib dipotong agar tidak berantakan.

Baca :  Bunga Anggrek Monyet, Bunga yang Unik

2. Lidah Mertua

Lidah Mertua

Lidah Mertua

Selanjutnya adalah lidah mertua yang cocok diletakkan di dalam ruangan. Dengan ciri ciri berdaun keras yang berdiri tegak beserta ujung runcing membuat tanaman ini indah dipandang mata. Selain berperan sebagai pembersih udara, tanaman ini mampu digunakan mengobati diabetes, menyuburkan rambut bahkan mengatasi kanker ganas. Kinerja Lidah mertua adalah mengubah Co2 jadi oksigen pada waktu malam hari. Untuk perawatan nya pastikan tanaman ini mendapat sinar matahari yang cukup.

3. Palem Kuning

Palem Kuning

Palem Kuning

Tanaman ini banyak digunakan di rumah maupun kantor sebagai penyerap racun dari asap rokok. Selain itu mampu pula membersihkan udara dari kandungan karbondioksida, benzena dan juga  formaldehida. Ciri ciri utama dari palem kuning adalah memiliki batang serta daun kuning apabila terkena sinar matahari. Tanaman ini mampu tumbuh sampai tinggi 4 meter jika ditanam pada media tanah.

4. Aster Gerbera

Aster Gerbera

Aster Gerbera

Tanaman pembersih udara berikutnya adalah Aster Gerbera yang mampu menghasilkan oksigen lebih. Jenis bunga ini cocok untuk mengatasi penyakit insomnia dan gangguan pernafasan saat tidur. Bunga nya juga indah sehingga dapat dijadikan dekorasi ruangan baik indoor maupun outdoor.

5. Peace Lily

Peace Lily

Peace Lily

Peace Lily umumnya memiliki bunga dengan warna putih dan merah dilengkapi daun panjang berwarna gelap. Perawatan tanaman ini sangat mudah karena tidak membutuhkan cahaya matahari secara langsung. Agar dapat bertahan lama maka anda harus menjauhkan tanaman ini dari paparan sinar matahari ataupun jendela.  Anda cukup menyiram nya dengan rutin karena tanaman ini mampu menyerap berbagai polusi udara dengan baik dalam rumah.

6. Anthurium

Anthurium

Anthurium

Tanaman ini memiliki daya tarik pada bagian daun yang memiliki warna cerah dimana memanjakan mata penikmatnya. Tentunya Anthurium berguna untuk menyerap berbagai zat seperti amonia, xilena, toluena dan formaldehida dari daun yang berwarna gelap. Karena kemampuan membersihkan udara, tanaman ini banyak dipasang pada rumah, kantor maupun mesin mesin yang menghasilkan zat berbahaya.

7. Sirih Belanda

Sirih Belanda

Sirih Belanda

Memiliki nama asli Devil’s Ivy, Sirih Belanda ditanam dalam media pot dan mampu menyerap polusi udara dalam ruangan. Tanaman pembersih udara ini cocok digunakan apabila penghuni rumah banyak yang merokok. Untuk soal perawatan anda wajib menyiraminya secara rutin karena sirih belanda sangat membutuhkan air untuk terus tumbuh.

Baca :  Anggrek Larat dari Manfaat, Harga dan Ciri-Cirinya

8. English Ivy

English Ivy

English Ivy

Bentuknya sangat cantik dan dapat ditanam dalam berbagai media seperti pot, digantung bahkan di tanah sekalipun. Berjenis tanaman merambat, English Ivy mampu membersihkan ruangan dari berbagai polusi. Soal merawatnya anda lebih mudah karena anda hanya perlu menyiram nya sedikit saja setiap hari.

9. Pakis Boston

Pakis Boston

Pakis Boston

Pakis boston memiliki tampilan yang eksentrik dan sangat cocok diletakkan dalam ruangan. Aslinya tanaman ini berasal dari negara Afrika, Amerika, India barat maupun Meksiko namun dapat hidup dengan baik di Indonesia. Sayangnya tanaman ini tidak tahan terhadap panas, tapi memiliki simpanan air sehingga dapat ditanam dalam tanah, pot bahkan digantung. Tentunya pakis boston mampu membersihkan polusi udara dalam ruangan.

10.Palem Bambu

Palem Bambu

Palem Bambu

Palem bambu merupakan tanaman yang cukup mudah perawatan nya, karena hanya membutuhkan sedikit air dan sinar matahari. Anda cukup meletakkan nya pada bagian ruangan yang tidak terlalu terpapar sinar matahari dan menyiram nya sedikit demi sedikit secara teratur. Bentuknya cukup rimbun sehingga cocok diletakkan di sudut rumah maupun kantor.

11. Krisan

Krisan

Krisan

Krisan memiliki bentuk yang cantik sehingga mampu digunakan menghias rumah. Selain itu warna bunga nya juga menarik meliputi ungu, putih, kuning dan juga pink. Krisan mampu menyerap zat berbahaya seperti amonia, formalin, benzena dan juga xylene. Jadi secara tidak langsung udara di dalam ruangan anda akan tersaring dan berganti menjadi udara bersih. Untuk menanamnya memang terlebih dahulu harus diluar ruangan, setelah berbunga barulah anda dapat memindahkan nya ke dalam ruangan.

12. Spider Plant

Spider Plant

Spider Plant

Tampilan tanaman yang satu ini memang cukup unik karena menyerupai laba laba. Keunggulan utama adalah perawatan nya yang sangat mudah karena spider plant tidak mudah mati karena tidak membutuhkan sinar matahari secara langsung. Selain itu kemampuan untuk menyaring udara juga sangat maksimal karena mampu melawan beberapa zat berbahaya seperti formalin, benzena, karbon monoksida maupun xylene.

Baca :  Anggrek Merpati : Ciri-Ciri, Cara Merawat & Harga Bibit

13. Lady Palm

Lady Palm

Lady Palm

Lady palm cukup populer untuk pecinta tanaman indoor dengan ciri khas bentuk daun dan batang. Tentunya tanaman yang satu ini juga memiliki kemampuan membersihkan udara dari zat amonia. Keunggulan lain nya adalah tahan serangan serangga dan juga gampang dalam perawatan nya karena cukup melakukan pemotongan ujung daun saja.

14. Schefflera

Schefflera

Schefflera

Schefflera atau seringkali disebut walisongo memiliki karakteristik daun berbentuk oval. Tanaman ini memang tahan lama dan kuat dengan tampilan mengkilap layaknya disinari cahaya lilin. Kemampuan nya mampu menyerap zat berbahaya seperti toluena, formaldehida maupun benzena sehingga udara dapat tetap bersih. Schefflera sangat cocok diletakkan dalam area merokok karena dapat menetralisir udara dengan cepat.

15. Massangeana Cane

Massangeana Cane

Massangeana Cane

Massangeana Cane dikenal dengan nama andong oleh orang Indonesia. Tentunya tanaman ini banyak digunakan dan dimanfaatkan untuk pagar, namun versi mini nya dapat diletakkan didalam rumah. Selain berbentuk menarik untuk dekorasi rumah, Massangeana Cane mampu menyerap zat formaldehid sehingga udara dalam ruangan akan lebih bersih.

16. Anggrek bulan

Anggrek bulan

Anggrek bulan

Berikutnya ada Anggrek bulan yang dapat membersihkan udara dalam rumah dengan baik. Tentunya tanaman ini mampu menyaring udara dari zat polutan seperti xilena sehingga rumah dapat tetap segar. Sayangnya untuk menanam anggrek bulan diperlukan ketelitian karena sulit tumbuh serta menyesuaikan suasana sekitar. Berbeda dengan tanaman lain, anggrek bulan menghasilkan oksigen pada malam hari sehingga banyak diletakkan dalam kamar tidur.

17. Karet Hias

Karet Hias

Karet Hias

Tanaman pembersih udara ini mampu menyerap zat berbahaya seperti formalin dengan baik. Lebih baik letakkan tanaman pembersih udara ini dalam ruangan yang redup dan terhindar dari paparan sinar matahari. Perawatan nya sangat mudah karena cukup melakukan penyiraman secukup nya, selain itu karet hias mampu menghasilkan oksigen yang banyak sehingga cocok diletakkan dibagian dalam rumah.

Memang berbagai jenis tanaman pembersih udara diatas sangat dapat membantu anda untuk mendapatkan kualitas oksigen terbaik setiap hari nya. Anda dapat memilih beberapa diantaranya untuk diletakkan di ruang tamu, ruang kerja, kamar tidur, ruang tamu maupun bagian rumah lain nya. Demikian informasi yang dapat kami berikan, semoga dapat menjadi referensi dan inspirasi seputar tanaman pembersih udara terbaik.

Assign a menu in the Left Menu options.
Assign a menu in the Right Menu options.