7 Manfaat Tanaman Pecah Beling untuk Kesehatan Tubuh

Tanaman Pecah Beling – Daun pecah beling atau lebih dikenal dengan nama keji beling meruapak salah satu jenis tumbuhan yang mampu memberikan mamfaat bagi kesehatan tubuh kita. Tanaman ini dapat tumbuh di negara-negara tropis seperti di Indonesia ini.

Daun tanaman pecah beling ini memiliki nama ilmiah Strobilanthes crispa yang mana merupakan tanaman yang biasa dijadikan sebagai pagar atau pembatyas kebun. Daun ini juga biasanya tumbuh berumpun karena memiliki cabang ranting dan daun yang sangat banyak.

Daun pecah beling atau keji beling ini memiliki permukaan halus dan sedikit berbulu. Walaupun demikian, daun ini terkenal mampu memlihara kesehatan dan membantu mengobati berbagai macam penyakit. Dan saat ini sudah banyak obat-obatan yang menggunakan daun ini sebagai bahan utama.

Tanaman pecah beling atau keji beling ini mengandung senyawa kimia aktif yang dapat dijadikan sebagai obat herbal. Kemudian juga memiliki kandungan antioksidan alami dengan kadar yang tinggi. Kandungan lain yang ada pada daun keji beling ini diantaranya adalah asam galat, cafein, vitamin C, vitamin B1 dan B2.

Manfaat Tanaman Pecah Beling untuk Kesehatan Tubuh

Tanaman Pecah Beling

Selain kandungan tersebut juga masih ada sederet gizi lainnya yang memiliki khasiat dan manfaat bagi kesehatan tubuh. Baiklah untuk lebih jelasnya langsung saja kita simak ulasan mendalam mengenai manfaat tanaman pecah beling yang telah kami siapkan berikut ini.

Manfaat Tanaman Pecah Beling untuk Penyakit Kronis

Mengatasi Penyakit Diabetes

Kita ketahui bahwa diabetes merupakan salah satu penyakit yang cukup berbahaya jika dibiarkan begitu saja. Akan tetapi, ternyata penyakit ini bisa diatasi oleh daun keji beling ini. Tumbuhan ini memiliki kandungan senyawa yang mampu melindungi tubuh dari kerusakan pengaturan kadar gula.

Kalian dapat mengkonsumsi teh daun keji beling untuk menstabilkan kadar gula darah. Selain itu juga dapat mengatur sistem perlindungan terhadap produksi insulin.

Mencegah Kanker dan Tumor

Selain itu daun tanaman pecah beling juga dapat menjaga kesehatan tubuh dengan membunuh sel-sel kanker dan juga tumor. Hal ini dikarenakan daun ini memiliki kandungan yang dapat menangkan pertumbuhan sel-sel kanker berbahaya yang bisa beresiko tumor.

Mengobati Batu Ginjal

Manfaat tanaman pecah beling yang selanjutnya yakni mampu mengobati batu ginjal. Daun ini banyak digunakan unutk membantu meluruhkan kristal di ginjal karena memiliki bahan aktif yang dipercaya dapat meluruhkan batu ginjal serta menyehatkan kesehatan kandung kemih.

Manfaat Tanaman Pecah Beling untuk Kesehatan

Meringankan Depresi

Lalu manfaat untuk kesehatan lainnya adalah dapat meringankan depresi. Kalian dapat mengkonsumsi obat herbal dengan kandungan utama daun pecah beling, karena memiliki senyawa yang mampu memberikan efek nyaman dan dingin pada tubuh.

Rebus daun pecah beling menjadi teh dan minum untuk memberikan efek tenang dan nyaman terutama bagi orang tua atau dewasa yang sedang mengalami banyak masalah dan stres sehingga berpotensi depresi.

Menangkal Radikal Bebas

Menurut hasil studi dari Univercity Sains Malaysia, daun keji beling memiliki kandungan antioksidan penting seperti polifenol, flavonoid, katekini, alkaloid dan tanin. Kandungan ini sangat penting untuk melawan radikal bebas dalam tubuh. Radikal bebas sendiri merupakan zat berbahaya yang dapat menyebabkan penyakit seperti kanker, jantung, penurunan penglihatan hingga alzheimer.

Mengobati Luka

Khasiat daun keji beling yang selanjutnya adalah mampu mengobati atau menyembuhkan luka dengan cukup cepat. Dalam penelitian, jus daun keji beling ditemukan mampu mempercepat penyembuhan luka pada tikus yang normal maupun yang menderita diabetes.

Dengan menaruh ekstrak daun keji beling pada luka di tikus dan menemukan bahwa luka yang dibalut dengan ekstrak daun keji beling lebih cepat sembuh dan memiliki bekas luka yang tidak selebar normalnya.

Disamping itu, luka yang ditutupi dengan ekstrak daun keji beling mengandung lebih banyak kolagen dan lebih sedikit sel-sel penyebab radang dibandingkan dengan tikus lain yang tidak diberikan ekstrak daun keji beling. Walaupun demikian, penelitian lebih lanjut pada manusia diperlukan untuk mengetes manfaat daun keji beling yang satu ini.

Mengobati Wasir dan Ambeien

Manfaat tanaman pecah beling yang terakhir adalah dapat mengobati wasir dan juga ambeien. Caranya juga mudah, kalian dapat merebus 8 daun keji beling yang sudah dipotong-potong lalu kemudian saring air rebusan tersebut dan minum. Sebaiknya minum rebusan tersebut 2 kali sehari.

Nah itulah beberapa pembahasan menarik dan terlengkap mengenai manfaat daun pecah beling atau keji beling. Manfaat tanaman ini memang banyak, jadi tak heran jika banyak dari mereka yang membeli obat alami dengan bahan utama daun keji beling ini.

Jangan lupa juga untuk membaca artikel lain mengenai manfaat bunga Anggrek di postingan sebelumnya. Baiklah hanya ini saja yang dapat kami sampaikan, semoga artikel diatas dapat bermanfaat bagi kalian semua.

You May Also Like

About the Author: ari