12 Tanaman Hias Merambat Paling Populer Dan Mudah Dirawat

Tanaman Hias Merambat – Mempercantik rumah kini dapat dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya adalah dengan memberikan tanaman yang sesuai dengan bentuk landscape rumah. Tanaman hias akan memberikan keindahan, disamping itu ada berbagai jenis yang dapat diterapkan di berbagai sudut rumah. Anda dapat melakukan dekorasi ruangan dengan berbagai jenis bunga anggrek baik sisi interior maupun eksterior.

Selain itu beberapa tanaman lain seperti lidah buaya, bunga melati, aster maupun krisan sering pula digunakan. Jenis tanaman hias merambat juga dapat menjadi opsi apalagi untuk bagian depan rumah. Jika ingin suasana rumah berasa lebih rimbun, anda dapat menerapkan beberapa jenis tanaman hias merambat. Jenis tanaman ini mampu memberikan tampilan dengan kesan lebih natural, terlebih jika diterapkan pada taman rumah.

Tanaman hias merambat juga sering diterapkan pada dinding maupun kanopi. Tanaman rambat sendiri dibagi kedalam 2 jenis yang berbeda berupa daun dan bunga. Jika anda ingin melakukan dekorasi ruangan yang simple maka gunakan tanaman rambat yang hanya berdaun saja. Namun apabila ingin suasana lebih ramai dan semarak maka silahkan gunakan tanaman rambat berbunga.

Untuk memberi kesan rimbun maka anda dapat memilih tanaman rambat bunga dimana akan berbunga terus sesuai musimnya. Demikian pula dengan tanaman rambat berdaun yang sangat mudah dalam perawatan dan menanam nya. Saat ini ada banyak tanaman rambat hias yang dijual di toko bahkan sampai dipasarkan secara online pada beberapa situs e-commerce. Jadi anda tinggal pilih saja sesuai dengan kebutuhan ruangan pada rumah.

Tanaman Hias Merambat Paling Populer

Tanaman Hias Merambat

Tanaman Hias Merambat

Sebagai pecinta tanaman hias tentunya beberapa orang bingung menentukan jenis apa yang cocok diterapkan di rumah. Karena banyaknya jenis tanaman hias maka seringkali kita tidak hafal nama tanaman rambat berdaun atau berbunga. Oleh karena itu kami akan memberikan ulasan seputar 12 tanaman hias merambat yang sedang populer dan trending. Semua tanaman hias rambat berikut ini memiliki perawatan yang mudah.

Baca :  12 Cara Merawat Tanaman Hias Agar Tidak Cepat Layu

1. Daun Dolar

Daun Dolar

Daun Dolar

Ficus pumila atau sering disebut dengan daun dolar merupakan jenis tanaman rambat berdaun dengan ciri memiliki akar lebar dan kuat sehingga mampu mencengkeram permukaan kasar sekalipun. Biasanya tanaman ini sering digunakan untuk menghias dinding dan juga pagar rumah. Agar daun dolar dapat merambat dengan sempurna maka anda harus memastikan bahwa dinding memiliki permukaan yang kasar sehingga akar dapat mencengkeram serta tumbuh maksimal. Dengan perawatan yang cukup sederhana, tanaman ini mampu bertahan tahunan dengan daun hijau sepanjang tahun. Selain itu daun dolar juga dapat diterapkan pada taman untuk memberikan kesan teduh.

2. Morning Glory

Morning Glory

Morning Glory

Tanaman hias merambat paling populer berikutnya adalah Morning Glory. Tanaman ini memiliki bunga yang sangat cantik dengan ciri ciri warna cerah sehingga menyegarkan mata. Perawatan nya juga cukup mudah karena dapat ditanam pada berbagai medan mulai pagar, dinding sampai pada kanopi. Tentunya anda harus menyediakan tulangan dapat dari besi maupun kayu yang digunakan sebagai media rambat.

3. Flame of Irian (Melati Irian)

Flame of Irian

Flame of Irian

Jika anda membutuhkan tanaman rambat untuk bagian kanopi maupun teras rumah maka dapat memilih Melati Irian atau terkenal dengan sebutan Flame of Irian. Memang ini tergolong jenis tanaman rambat berbunga yang berasal dari Papua. Ciri ciri tanaman ini adalah bunga berwarna merah menyala sehingga sangat cantik dipandang mata. Dengan warna yang cerah maka akan menghidupkan suasana hunian anda. Keunggulan Melati Irian adalah mampu melakukan adaptasi dengan iklim tropis.

4. Alamanda

Alamanda

Alamanda

Termasuk kedalam golongan tanaman rambat berdaun, Alamanda mampu digunakan untuk menghidupkan taman di rumah anda. Ciri ciri utama dari tanaman ini adalah memiliki bunga yang berwarna kuning cerah. Dengan sisi perawatan yang mudah cukup dengan menyiramnya akan sangat simple apabila dipelihara di area rumah. Dengan pertumbuhan yang cukup cepat maka tak heran jika bunga Alamanda sering ditanam merambat pada kanopi atau taman.

Baca :  Bunga Anggrek Hitam, Bunga Langka Nan Indah

5. Sirih Merah

Sirih Merah

Sirih Merah

Selain tergolong kedalam tanaman rambat berdaun, sirih merah juga masuk dalam kategori tanaman apotek hidup. Selain memiliki kegunaan medis, tanaman ini juga memiliki perawatan yang mudah karena cukup disirami saja setiap harinya.

6. Air Mata Pengantin

Air Mata Pengantin

Air Mata Pengantin

Dengan nama yang sangat unik yaitu air mata pengantin, tanaman ini termasuk liar karena seringkali memenuhi pekarangan tanpa ditanam. Awalnya dianggap sebagai gulma atau terkenal tanaman pengganggu. Namun karena bunganya yang memiliki warna merah muda maka tanaman ini terlihat cantik dan dijadikan sebagai pilihan tanaman hias merambat. Karena tergoloing gulma maka perawatan jauh lebih simple cukup dengan menyirami nya tiap hari.

7. Zebrina Pendula

Zebrina Pendula

Zebrina Pendula

Zebrina Pendula termasuk kedalam tanaman hias rambat dengan warna daun berpola garis putih. Secara tidak langsung tanaman ini akan memberikan variasi warna dalam rumah maupun taman sehingga terlihat lebih menarik. Cara menanamnya adalah digantung, namun seiring waktu daun nya akan terus bertambah panjang dan merambat. Tanaman ini sangat berguna untuk obat bisul maupun peluruh kencing.

8. Pothos Scandens

Pothos Scandens

Pothos Scandens

Selain daun dolar ternyata ada tanaman yang mirip yaitu Pothos Scandens dimana sering diterapkan pada dinding maupun taman. Secara bentuk memang tanaman ini mirip dengan daun dolar dan mampu tumbuh pada permukaan kasar. Ternyata Pothos Scandens mampu tumbuh sampai tinggi 6 meter sehingga sangat maksimal untuk anda yang memiliki ruangan luas baik indoor maupun outdoor.

9. Mandevilla

Mandevilla

Mandevilla

Tanaman hias rambat berikutnya adalah bunga Mandevilla dimana sering diterapkan di taman dan pagar rumah. Dengan warna cerah bernuansa feminim, bunga ini sangat menarik untuk dipandang. Merawat tanaman ini membutuhkan cukup cahaya matahari jadi lebih cocok untuk penggunaan outdoor. Sayangnya anda harus merapikan sulur dari tanaman ini agar tidak berantakan dan terkesan liar.

Baca :  Anggrek Hartinah : Ciri-Ciri, Cara Merawat, Harga Bibit

10.Petrea Volubilis

Petrea Volubilis

Petrea Volubilis

Tanaman hias merambat ini berasal dari Amerika Tengah, namun cocok ditanam di Indonesia walau memiliki iklim tropis. Bunga nya mirip lavender karena memiliki warna ungu dimana mekar pada sepanjang batangnya. Sisi menarik lain adalah bunga Petrea Volubilis yang akan berubah warna dari ungu memudar menjadi hijau kemudian gugur pada musimnya. Bunga ini cocok ditanam pada dinding maupun pagar rumah.

11. Dipladenia

Dipladenia

Dipladenia

Dipladenia memiliki warna cerah yang cantik dan dapat berbunga terus sehingga tampilan rumah akan jauh lebih berwarna. Dengan warna merah cerah akan cocok apabila ditanam pada media dinding maupun tiang. Merawat bunga ini perlu asupan sinar matahari yang cukup agar dapat tumbuh subur.

12. Clematis

Clematis

Clematis

Tanaman hias merambat yang terakhir adalah Clematis dimana memiliki bentuk kelopak bunga yang cantik. Selain itu warna nya juga sangat memanjakan mata dan sangat cocok apabila di aplikasikan ke taman. Dengan daun dan juga bunga yang rimbun akan menimbulkan kesan teduh pada rumah anda.

Dengan 12 tanaman hias merambat diatas maka anda dapat memilih mana yang cocok untuk di tanam di rumah anda. Tiap tanaman diatas memiliki karakteristik berbeda dengan sisi perawatan yang berbeda pula. Jadi silahkan anda pilih tanaman hias merambat mana yang sesuai untuk taman, dinding, pagar maupun bagian rumah lain nya. Demikian informasi dari kami, semoga dapat menjadi referensi dan berguna bagi anda.

Assign a menu in the Left Menu options.
Assign a menu in the Right Menu options.