40 Jenis Bunga Anggrek Beserta Cara Menanam dan Merawat

Bunga Anggrek – Pastinya kalian semua sudah tak asing ditelinga, bila mendengar nama anggrek. Pasalnya untuk bunga yang satu ini memang memiliki bentuk yang sangat indah dan juga aromanya sangat harum sekali. Bahkan banyak sekali orang yang menjadikan bunga anggrek sebagai hiasan untuk mempercantik halaman rumah. Terlebih untuk bunga ini memiliki banyak sekali jenis bunga yang bisa kalian temukan di Indonesia, seperti halnya dengan anggrek bulan, anggrek tebu, anggrek hitam, anggrek bulan Kalimantan, anggrek Cattleya dan masih banyak lagi jenis bunga anggrek.

Untuk bunga yang satu ini memiliki ciri-ciri yang sangat berbeda dengan bunga yang lain, yang mana bunga anggrek memiliki ciri seperti bentuk bunganya yang sangat unik serta memiliki warna yang cerah dan beraroma harum. Dengan banyaknya orang yang sangat menyukai dengan bunga yang sangat indah dan beraroma harum, membuat para anggrek mania juga banyak sudah yang budidaya anggrek. Seperti yang sudah ketahui oleh semua orang, bila cara menanam bunga Anggrek memang sangat mudah bisa dilakukan di media tanam pot, begitu juga dengan merawat bunga Anggrek. Kalian semua cukup menyiram secara rutin dan juga memberi pupuk secara teratur dan sesuai dengan anjurannya.

Sementara itu juga sangat banyak sekali manfaat dari bunga yang satu ini, tidak hanya dijadikan sebagai tanaman hias saja. Bunga Anggrek juga sering dijadikan sebagai pengharum, tanaman herbal dan terdapat cukup banyak lagi manfaat dari bunga yang sangat cantik ini. Dengan banyaknya orang yang sangat menyukai dengan berbagai jenis jenis anggrek, membuat para anggrek mania yang memanfaatkan hobinya sebagai ladang penghasilan. karena banyak sekali para pecinta tanaman yang sudah Jual Bunga Anggrek, bahkan penjual juga banyak menyediakan berbagai macam jenis bunga anggrek yang sampai sekarang masih banyak.

Seperti yang kalian ketahui, memang banyak sekali orang yang lebih memiliki anggrek untuk dijadikan sebagai tanaman hias. Pasalnya untuk bunga yang satu ini tidak hanya sangat mudah untuk kita rawat, kalian semua juga bisa tanam bunga anggrek sendiri di rumah. Untuk mengetahui lebih lengkap akan seputar bunga anggrek dari manfaat anggrek, jenis anggrek, ciri-ciri anggrek, cara budidaya anggrek dan semua yang mengenai anggrek. Dapat kalian simak saja ulasa yang akan kami sampaikan untuk anggrek mania semuanya. Untuk lebih jelasnya, dapat simak ulsana seputar Bunga Anggrek yang sudah kami persiapkan berikut ini.

Mengenal Bunga Anggrek dari Manfaat, Menanam, Merawat dan Jenis Jenis Anggrek

Mengenal Lebih Bunga Anggrek, Manfaat dan Jenis-jenis Anggrek

Mengenal Lebih Bunga Anggrek, Manfaat dan Jenis-jenis Anggrek

Manfaat Bunga Anggrek

Anggrek merupakan salah satu bunga yang paling banyak diminati oleh semua orang, tidak hanya sebagai tanaman hias saja. Terdapat banyak sekali manfaat anggrek untuk kehidupan kita, selain itu juga banyak sekalo orang yang menjadikan tanaman anggrek sebagai ladang untuk mencari uang. Bahkan Manfaatnya juga banyak sekali dan salah satunya menjadi ladang pencari uang, selain itu maish terdapat banyak lagi manfaat bunga anggrek yang bisa kalian rasakan.

Manfaat Bunga Anggrek

Manfaat Bunga Anggrek

Tidak hanya di Indonesia saja yang memanfaatkan anggrek untuk kehidupan sehari-hari, ada beberapa negara yang memanfaatkan bunga tersebut sebagi tanaman obatan yang sering dilakukan di Negara Cina. Sementara itu di Negara Yunani, Anggrek dijadikan simbol kejantanan dan masih banyak lagi manfaat yang bisa digunakan dalam kehidupan sehari-hari.Untuk mengetahui lebih lengkapnya, dapat kalian simak langsung saja manfaat anggrek yang bisa kita manfaatkan dalam kehidupan sehari-hari.

Pengharum Ruangan

Pengharum Ruangan

Pengharum Ruangan

Tidak heran bila banyak sekali yang menyukai dengan anggrek, soalnya bunga tersebut terdapat banyak sekali manfaat yang dapat kita nikmati. Salah satunya dapat dijadikan pengharum ruangan, karena bunga yang satu ini selalu mengeluarkan aroma yang sangat harum. Meskipun tidak semua jenis anggrek mengeluarkan aroma yang harum, akan tetapi bunga yang satu ini tetap banyak yang menyukainya. Selain mempercantik halaman rumah, jenis-jenis anggreka juga sangat banyak sekali.

Penghilang Rasa Stres

Penghilang Rasa Stres

Penghilang Rasa Stres

Selain itu juga masih banyak lagi manfaat yang terdapat pada anggrek dan salah satunya dipercaya sebagai penghilang rasa stres. Menurut informasi yang kami terima, terdapat beberapa ahli kesehatn yang mengatakan bila menanam anggrek atau budidaya anggrek, akan mengurangi rasa stres. Hal tersebut karena orang yang membudidaya anggrek akan selalu terhibur dengan tanaman tersebut dan juga bisa menikmati aroma yang dikeluarkan oleh anggre.

Baca :  Anggrek Bulan Kalimantan Barat : Ciri-Ciri, Harga Bibit

Sebagai Tonik Panjang Umur

Sebagai Tonik Panjang Umur

Sebagai Tonik Panjang Umur

Sementara itu untuk masyarakat Cina, banyak sekali yang memanfaatka anggrek sebagai tonik panjang umur. Untuk jensi anggrek yang digunakan adalah Anggrek Dendrobium yang dicamourkan dengan aka licorice. Bahkan banyak sekali manfaat dari ramuan tersebut dapat mengobati beberapa penyakit.

Mengatasi Gangguan fungsi Otak dan Saraf

Mengatasi Gangguan fungsi Otak dan Saraf

Mengatasi Gangguan fungsi Otak dan Saraf

Seperti yang sudah kami sampaikan, banyak sekali manfaat dari anggrek yang bisa kita gunakan sebagai obat. Salah satunya mampu mengatasi gangguan fungsi otak dan juga saraf, karena salah satu jenis bernama Anggrek Cypripedium. Jenis anggrek tersebut memiliki akar yang mengandung minyak atsiri, gula,pati, resin, tanin dan beberapa kandungan yang mempunyai fungsi untuk menyembuhkan cukup banyak penyakit dan salah satunya gangguan fungsi otak dan saraf.

Mengobati Sakit Gigi dan Telinga

Mengobati Sakit Gigi dan Telinga

Mengobati Sakit Gigi dan Telinga

Bagi kalianyang sering mengeluh sakit gigi dan telinga, bisa kalian obati dengan bunga yang satu ini,
Mengobati Nyeri Pada Sendi dan demam. Pasalna pada bunga ini mengandung unsusr-unsur yang bisa mengobati sakit gigi dan juga demam, oleh sebab itu banyak sekali orang yang memanfaatkan tanaman anggrek sebagai obat dan juga masih banyak lagi yang bisa kita manfaatkan terhadap bunga tersebut.

Menunda Terjadi Penuan Dini

Menunda Terjadi Penuan Dini

Menunda Terjadi Penuan Dini

Memamng banyak sekali orang yang memanfaatkan anggrek untuk kehidupan sehari-hari, bahkan tidak hanya untuk mengobati penyakit dan pengharum ruangan saja. Belakangan ini banyak orang yang memanfaatkan anggrek untuk mencegah penuaan dini, karena pada bunga ini mengandung ekstrak minyak yang berasal dari bunganya. Kandungan tersebut terbukti mampu meremajakan kulit dan juga mengencangkan kulit, oleh karena itu anggrek dapat mencegah penuaan dini. Sementara itu juga banyak produk kosmetik yang memanfaatkan anggrek sebagai bahan pembuatan produk kosmetiknya.

Ciri-Ciri Bunga Anggrek

Ciri-Ciri Bunga Anggrek

Ciri-Ciri Bunga Anggrek

Untuk para pemula tentu harus mengetahui terlebih dahulu dengan ciri ciri bunga anggrek, selain menambah ilmu pengetahuan seputar tanaman anggrek. Jadi sebelum anda mengoleksi tanaman anggrek, alangkah baiknya untuk mengetahui terlebih dahulu ciri cirinya. Untuk lebih lengkapnya dapat anda simak langsung saja ulasan yang sudah kami persiapkan berikut merupakan ciri ciri tanaman anggrek.

  • Tanaman anggrek memiliki akar sekulen dan tebal serta berdaging
  • Pada tanaman ini akan terdapat jamur akar (Mikoriza) yang bisa dijumpai pada bagian permukaan akranya.
  • Bunga ini tidak memiliki akar serabut didalamnya, namun untuk jenis anggrek epift akarnya berkemabng dan menempel pada tanaman atau pohon lain.
  • Tanaman anggrek memiliki warna bunga yang cerah.
  • Anggrek akan hidup pada situasu cahaya mataharui tertentu.
  • Bunganya bila dilihat membentuk simetri bilateral.
  • Memiliki buah yang berbentuk kapsu berwarna hijau serta memiliki biji yang berukuran sangat kecil.

Cara Menanam Bunga Anggrek

Cara Menanam Bunga Anggrek

Cara Menanam Bunga Anggrek

Untguk anda semua yang berniat ingin budu daya tanaman anggrek, alangkah baiknya jika anda belajar terlebih dahulu kepada orang yang sudah berpengalaman. Karena dalam menanam tanaman anggrek perlu beberapa media yang digunakan, selain itu juga anda harus mengetahui cahaya yang cocok untuk anggrek seperti apa dan masih banyak lagi. Hal tersebut bertujuan untuk anda semua yang mau belajar budidaya anggrek tidak mengalami kerugian entah itu waktu uang dan lainnya, anda semua pasti tidak ingin mengalami kejadian seperti itu kan. Ya setidaknya anda semua mengerti ilmu dasar cara menanam Anggrek, anda semua juga bisa lihat saja ulasan car budidaya anggrek yang akan kami sampaikan dibawah ini dan semoga ulasan yang kami sampaikan dapat bermanfaat untuk anda semuanya.

Pilihlah Bibit Unggul

Pilihlah Bibit Unggul

Pilihlah Bibit Unggul

Dalam bududaya anggrek maupun juga untuk tanam bunga apapun pastinya akan disuruh untuk memilih bibit bunga yang unggul. Hal tersebut agar tanaman yang anda buddaya akan tumbuh dengan semppurna, memiliki indukan yang banyak, bunganya akan berwarnba segar dan tidak mudah layu. Maka dari itu pemilihan bibit unggul memang harus kita perhatikan sekali ketika mau menanam tanaman anggrek atau tanaman lainnya.

Memilih Tempat yang Cocok Untuk Tanaman Anggrek

Memilih Tempat yang Cocok Untuk Tanaman Anggrek

Memilih Tempat yang Cocok Untuk Tanaman Anggrek

Jika ingin menghasilkan anggrek yang sempurna dan sering berbunga, pemilihan tempat harus kalian perhatikan sekali. Karena pada tanaman yang satu ini harus menyesuaikan jenis anggreknya, pasalnya anggrek cenderung lebih suka ditemppay yang lembab. Anda jugha bisa ko membuat area tanaman bunga anggrek agar suhunya lembab dengan cara menggunakan naungan atau paranet. Karena tanaman anggrek itu terdapat tiga jenis, untuk jenis yang pertama jenis bunga anggrek yang suka terkena langsung sinar matahari. Untuk jenis yang kedua bisa tumbuh ditempat yang langsung terkena matahari dan tidak terkena sinar matahari dan untuk yang ketiga anggrek yang tidak suka terkena matahari. Jadi anda harus mengetahui betul jenis tanaman anggrek untuk menyesuaikan tempat yang anda miliki.

Baca :  Anggrek Dendrobium Ungu : Ciri-Ciri, Cara Merawat, Harga Bibit

Perhatikan Ketinggian Pot Anggrek dan Juga Penyusunannya

Perhatikan Ketinggian Pot Anggrek dan Juga Penyusunannya

Perhatikan Ketinggian Pot Anggrek dan Juga Penyusunannya

Untuk langkah selanjutnya dalam melakukan budidaya tanaman anggrek adalah memperhatikan ketinggian pot dan anda harus menyesuaikan penyusunan dalam menata tanaman anggrek. Karena pertumbuhasn anggrek juga akan dipengaruhi dari tingkat ketinggian juga sangat berpengaurh besar dalam pertumbuhannya. Lalu untuk penyusunan juga harus diperhatikan sekali, usahakan dalam meletakan tanaman anggrek tidak menggangu sirkuliasi udara.

Suhu Udara

Suhu Udara

Suhu Udara

Untuk melakukan budidaya tanama anggrek, anda harus mengecek suhu udara yang akan dijadikan tempat untuk budidaya tanaman anggrek. Sehingg andsa bisa mengetahui jenuis anggrek apa sajakah yang cocok dengan suhu udara yang lembab atau jenis anggrek apa yang cocok bila langsung terkena sinar matahari. Jika ingin menciptakn udara yang lembab, bisa kalian buat kolam di area tanaman anggreknya.

Media Tanam

Media Tanam

Media Tanam

Lalu untuk menanam bunga  anggrek memang tidak sembarangan, kalian semua harus menggunakan media tanam yang sangat cocok dengan tanaman anggrek. Untuk menghasilkan tanaman tumbuh sempurna dan cepat berbunga, gunakan tanah yang disusun menjadi dua bagian. Dimana untuk 1/3 bagian bawahnya isi dengan serpihan batu bata dan pada sisa bagiannya di isi dengan serbuk kayu pakis.

Pemupukkan

Pemupukkan

Pemupukkan

Dalam melakukan budidaya tanaman anggrek, anda harus benar-benar waspada terhadap segala jenis hama yang bisa menyerang tanaman anggrek anda. Oleh karena itu, kalian semua yang sedang budidaya anggrek untuk melakukan pemupukan agar cepat berbunga dan pastinya tidak mudah terserang hama penyakit. Penyiraman juga perlua kaliam lakukan, tapi untuk meyiraminya tidak usah setiap hari. Anda bisa menyiram tanaman anggrek cukup 2 hari sekali.

Cara Merawat Bunga Anggrek

Cara Merawat Bunga Anggrek

Cara Merawat Bunga Anggrek

Dalam proses merawat bunga anggrek bisa dikatakan lebih sulit bila dibandingkan ketika sedang menanmnya, karena dalam hal merawat. Kita harus benar-benar perhatikan betul kelembaban udara agar bunga yang sedang kita rawat dapat berbunga lebih cepat. Pada dasarnya kita harus perhatikan tempat dan suhunya, selain itu perhatikan tanaman yang dikira kurang bagus. Dalam peletak ketinggian juga harus diperhatikan sekali, karena ketinggian akan sangat mempengaruhi sekali. Untuk mengetahui lebih detailnya, dapat simak langsung saja ulsan berikut ini.

Perhatikan Tempat

Perhatikan Tempat

Perhatikan Tempat

Untuk merawat tanaman bunga anggrek agar sering berbunga memang perlu perhatian sekali, istilah jawa itu gampang-gampang angel. Karena dalam merawat kita harus memperhatikan kondisi tempatnya dari pencahayaan matahari, kelembaban udaranya. Selain itu dalam meletakjan tanaman juga harus berada di ketinggian sekitar 1 meter lebih, karena habitat dari bunga anggrek berda tempat yang tinggi.

Penyiraman Secara Teratur

Penyiraman Secara Teratur

Penyiraman Secara Teratur

Untuk teknik yang satu ini memang sudah banyak yang tahu, namun dalam hal penyiraman. Bisa dilakukan 2 kali dalam satu hari pada waktu pagi dan sore hari, untuk waktu yang tepat ialah jam 7 sampai jam 8 pagi dan sore hari jam 4 sampai jam 5 sore. Namun dalam melakukan penyiraman, jangan terlalu banyak-banyak, siramlah saja secukupnya.

Pemberian Pupuk

Pemberian Pupuk

Pemberian Pupuk

Dalam hal merawat tanaman anggrek agar tumbuh subur dan cepat berbunga, dapat dilakukan pemupukan agar tanaman tumbuh dengan sempurna. Untuk pupuknya sendiri bisa menggunakan pupuk seperti ZPT atau hormon yang bisa kalian kasih 3 kali dalam seminggu. Selain itu juga bisa anda berikan obat khusu tanaman anggrek agar tanaman anggrek tidak diserang hama serangga.

Atur Tanaman Anggrek Agar Sirkulasi Udara Lancar

Atur Tanaman Anggrek Agar Sirkulasi Udara Lancar

Atur Tanaman Anggrek Agar Sirkulasi Udara Lancar

Dalam merawat tanaman ini memang perlu menata tanaman anggrek secara sempurna, agar sirkulasi udar dapat berjalan lancar. Sementara itu untuk kelembaban udara juga harus diperhatikan, karena tanaman anggrek sangat menyukai dengan udara yang lembab.

Jenis-Jenis Bunga Anggrek

Jenis-Jenis Bunga Anggrek

Jenis-Jenis Bunga Anggrek

1. Anggrek Dendrobium

Anggrek Dendrobium

Anggrek Dendrobium

Anggrek Dendrobium meraupakan salah satu jenis anggrek yang yang sangat disukai oleh semua orang, karena pada anggrek ini memiliki warna bunga yang cerah dan terlihat sangat cantik. Pastinya akan sangat cocok sekali untuk dijadikan tanaman hias, apalagi untuk jenis ini sangat mudah sekali untuk kita temukan.

Baca :  10 Cara Merawat Bunga Anggrek Cepat Berbunga

2. Anggrek Bulan Kalimantan Barat

Anggrek Bulan Kalimantan Barat

Anggrek Bulan Kalimantan Barat

Untuk jenis anggrek yang satu ini memang salah satu anggrek yang memiliki bentuk sangat indah dengan corak warna putih, kuning serta merah. Sementara itu untuk bentuk bunganya biola dilihat memang sangat unik sekali, oleh sebab itu banyak sekali orang yang menyukai jenis anggrek yang satu ini.

3. Anggrek Tebu

Anggrek Tebu

Anggrek Tebu

Mungkin anggrek tebu salah satu jenis anggrek yang memiliki bobot sangat berat, karena beartnya mampu mencapai 1 ton dan ketinggian yang mencapi 3 meter. Untuk jenis anggrek ini memiliki warna kuning serta memiliki bintik bintik kecoklatan, merah kehitam-hitaman. Bahkan jenis ini termasuk anggrek yang tahan layu sampai 2 bulan, meskipun batangnya sudah dipotong.

4. Anggrek Hitam

Anggrek Hitam

Anggrek Hitam

Terdapat banyak sekali jenis anggrek yang ada di Indonesia dan salah satunya anggrek hitam, untuk jenis ini bisa kalian temukan di Kalimantan dan Sumatra. Hanya saja untuk Bunga Anggrek hitam sudah cukup langka, bahkan sudah menjadi salah satu anggrek yang langka di Indonesia. Hal terebut dikarenakan habitatnya kini mulai hilang, sehingga pupulasinya mulai berkurang.

5. Anggrek Bulan

Anggrek Bulan

Anggrek Bulan

Anggrek Bulan menjadi salah satu jenis bunga anggrek yang sangat digemari oleh kebanyakan orang, karena pada anggrek bulan memiliki tampilan yang sangat cantik sekali. Sehingga kebanyakan orang menjadikan anggrek bulan sebagai tanaman hiasan, apalagi untuk menemukan jenis yang ini sangat mudah sekali. Anggrek bulan menjadi tumbuh menempel pada batang atau pohon.

6. Anggrek Cattleya

Anggrek Cattleya

Anggrek Cattleya

Mungkin ini salah satu jenis bunga anggrek yang memiliki bunga berukuran besar dan menjadi ciri khas dari anggrek cattleya. Sementara itu untuk merawat anggrek ini sangat mudah sekali dan perawatannya tidak memerlukan keahlian khusus. Untuk menemui anggrek yang satu ini memang sangat mudah sekali, karena sudah banyak orang yang budidaya anggrek cattleya.

7. Anggrek Selop

Anggrek Selop

Anggrek Selop

Anggrek Selop salah satu jenis anggrek yang memiliki bentuk bunga yang sangat unik, bahkan dapat dibedakan dengan terdapat 4 bbuah kelopak yang terbagi menjadi 2 bagian yakni kelopak utama dan kelopak samping. Untuk jenis yang satu ini bisa ditemui di kawasan lereng gunung semeru, karena bunga ini sangat cocok tumbuh di ketinggian450 sampai 770 diatas permukan laut.

8. Anggrek Monyet

 Anggrek Monyet

Anggrek Monyet

Bentuk bunganya yang mirip muka monyet, oleh sebab itu dinamakan sebagai anggrek monyet. Namun untuk nama ilmiahnya bernama Dracula Simia yangb berarti naga kecil. Untuk jenis anggrek yang satu ini dapat tumbuh diketinggian 1000 sampai 2000 meter dengan suhu berkisar 27 derajat celcius serta kelembabannya 80 sampai 90%.

9. Anggrek Hartinah

Anggrek Hartinah

Anggrek Hartinah

Anggrek Hartinah atau Tien Soeharto adalah salah satu jenis anggrek yang tumbuh didaerah tertentu saja. Sedangkan untuk bentuk bunganya seperti pita yang meruncing dan mampu mencapai 50 sampai 60 cm, sementara itu jenis yang satu ini hanya bisa ditemukan di Sumatra Utara.

10. Anggrek Kasut Kumis

Anggrek Kasut Kumis

Anggrek Kasut Kumis

Anggrek Kasut Kumis atau nama ilmiahnya Paphiopedilum chamberlainianum salah satu jenis anggrek yang memiliki bentuk bunga sangat unik sekali. Untuk jenis yang satu ini tumbuh diatas tanah dengan ketinggian yang mencapai 30 cm sampai 45 cm dan sangat cocok tumbuh di ketinggian 1000 mter sampai 200 meter. Hanya saja untuk saat ini Anggrek Kasut Kumis sudah sangat sulit untuk kita temukan, karena habitanya sudah hancur dikarenakan erupsi gunung.

Itulah beberapa jenis bunga anggrek yang sduah kami sampaikan untuk kalian semua, untuk saat ini terdapat beberapa jenis anggrek yang keberadaannya sudah tidak banyak lagi. Rata-rata habitat aslinya sudah hancur karena terkena erupsi, namun terdapat jensi anggrek yang bisa kita temukan dan bisa kita tanam kok. Bila berbicara jenis anggrek memang masih banyak lagi seperti yang ada dibawah ini.

  • Anggrek Kebutan
  • Anggrek Sendok
  • Anggrek Bulan Bintang
  • Anggrek Jamrud
  • Anggrek Pensil
  • Anggrek Hibrida
  • Anggrek Merpati
  • Anggrek Abert
  • Anggrek Kolopaking
  • Anggrek Oncidium
  • Anggrek Bromheadia finlaysoniana
  • Anggrek Paphiopedilum robinsonianum
  • Anggrek Aerides odorata
  • Anggrek Calanthe pulchra
  • Anggrek Abdominea minimiflora
  • Anggrek stuberi
  • Anggrek larat
  • Anggrek vanda tricolor
  • Anggrek Bibir Berbulu
  • Anggrek Bulan Ambon
  • Anggrek Papua Paphiopedilum
  • Anggrek oncidium
  • Anggrek armodorum sulingi
  • Anggrek Dendrobium capra
  • Anggrek jingga
  • Anggrek Dendrobium uniflorum
  • Anggrek Dendrobium triflorum
  • Anggrek Dendrobium sanguinolentum
  • Anggrek Dendrobium erosum
  • Anggrek Dendrobium compressum

Itulah yang bisa kami sampaikan akan salah satu bunga yang menjadi tanaman hiasan oleh kebanyakan orang, bunga anggrek sendiri terdapat banyak sekali jenisnya. Anda dapat melihat sendiri diatas, terdapat banyak sekali jenis-jenis yang ada untuk saat ini, seperti yang sudah kami sampaikan bila terdapat beberapa jenis yang sudah sulit untuk ditemukan dan bahkan tidak boleh diperjual belikan. Demikianlah yang bisa kami sampaikan, semoga informasi yang sudah kami sampaikan diatas dapat bermanfaat untuk kalian semua dan bisa menambah wawasan seputar tanaman anggrek.

Assign a menu in the Left Menu options.
Assign a menu in the Right Menu options.