16 Jenis Anggrek Termahal 2019 Di Dunia Saat Ini

Bunga merupakan salah satu senjata bagi para pria untuk meluluhkan hati wanita. Bunga juga menjadi salah satu cara terbaik untuk mengungkapkan perasaan pada orang lain.Ini karena bunga memiliki bahasa tersendiri sendiri yang mampu membawa senyum bagi siapapun yang mendapatkannya, apalagi jika bunga diberikan oleh orang yang special juga. Bunga sendiri ada banyak sekali macamnya, termasuk diantaranya adalah bunga anggrek.

Anggrek merupakan jenis tanaman hias yang sangat digemari. Ini karena anggrek memiliki banyak sekali jenis, bentuk dan juga warna yang masing-masing memiliki keunikan dan keindahan tersendiri. Bahkan anggrek merupakan spesies tanaman yang memiliki jenis paling banyak dibandingkan dengan jenis tanaman lainnya. Anggrek merupakan jenis tumbuhan yang kecepatan pertumbuhannya cukup tinggi. Ada banyak sekali faktor yang mempengaruhi pertumbuhan anggrek diantaranya adalah faktor genetik atau jenis anggrek, perawatan dan tentu saja kondisi lungkungan sekitar tempat anggrek tumbuh. Anggrek alam merupakan jenis anggrek yang pertumbuhan dan proses pembungaannya relatif lebih lambat dibandingkan jenis anggrek silangan.

Dilihat dari habitat tumbuhnya, anggrek diklasifikasikan menjadi anggrek epifit, anggrek litofit, anggrek terestrial, dan anggrek saprofit. Anggrek epifit hidup menempel pada tanaman lain namun tidak merugikan tanaman yang ditempelinya misalnya adalah anggrek oncidium, dendrobium, anggrek bulan, vanda dan cattleya. Sedangkan anggrek terestrial atau anggrek tanah adalah jenis anggrek yang tumbuh di atas tanah dan membutuhkan cahaya matahari langsung misalnya anggrek Renanthera, aranthera, aranda dan arachnis. Adapun anggrek litofit adalah anggrek yang tumbuh pada batuan dan tahan terhadap cahaya matahari penuh contohnya adalah dendrobium phalaenopsis. Sedangkan anggrek saprofit yaitu anggrek yang tumbuh pada media yang mengandung humus atau dedaunan kering serta membutuhkan sedikit cahaya matahari misalnya adalah goodyera. Memang berdasarkan dengan jenisnya, anggrek ada banyak sekali macamnya. Masing-masing jenis ini umumnya memiliki bentuk dan juga warna yang berbeda antara satu dengan lainnya. beberapa jenis anggrek diketahui memiliki keindahan yang luar biasa sehingga harga jualnya pun sangat tinggi, mulai dari jutaan bahkan hingga ratusan juta.

Tidak diragukan lagi bahwa anggrek adalah tanaman hias berbunga yang banyak digemari. Tak jarang penggemar bunga anggrek rela untuk merogoh kocek dalam-dalam hanya untuk mendapatkan bunga anggrek yang dinilai baik. dalam menilai sebuah bunga anggrek apakah cukup bagus atau tidak, apakah memiliki nilai jual tinggi atau tidak diantaranya adalah penilaian terhadap bentuk bunga anggrek, yang meliputi kebulatan bunga anggrek dan kepenuhan serta kedataran bunga anggrek. Kebulatan anggrek dapat dikatakan ideal apabila ujung-ujungnya saling berhubungan membentuk lingkaran dengan titik pusat pada tiang. Adapun kepenuhan bunga anggrek dinilai dengan cara seberapa banyak lembaran bunga anggrek mampu mengisi lingkaran yang menghubungkan ujung sepal, petal dan labellum sedangkan kedataran bunga anggrek bisa dilihat dari seberapa jauh kondisi sepal, petal dan labellum dapat diletakkan di bidang datar.

Selain dilihat dari bentuknya, untuk mengetahui apakah bunga anggrek memiliki kualitas yang bagus dan memiliki nilai jual tinggi juga dilihati dari warnanya. Penilaian warna anggrek ini meliputi 3 unsur yaitu warna anggrek secara menyeluruh, warna sepal, warna petal anggrek serta warna labellum anggrek. Anggrek dikatakan memiliki warna yang bagus adalah apabila warnanya jelas, cerah dan keseluruhannya memperlihatkan keselarasan dan keindahan. Sedangkan kriteria warna sepal dan warna petal hampir sama dengan kriteria untuk warna umum, sementara kriteria untuk warna labellum anggrek harus lebih menonjol dibandingkan dengan warna sepal dan petal pada anggrek.

Baca :  Anggrek Selop : Ciri-Ciri, Cara Merawat, Harga Bibit

Yang tidak kalah penting untuk diperhatikan dalam pemilihan anggrek adalah penilaian terhadap karakteristik dari anggrek yang meliputi dimensi bunga, ketebalan bunga anggrek yang dapat diraba, kehalusan permukaan anggrek yang memiliki lapisan lilin, semakin banyak bunga dalam satu tangkai maka kualitasnya pun semakin baik. sedangkan jika dilihat dari tangkainya, maka tangkai anggrek yang bagus harus kokoh, tumbuh tegak lurus ke atas dan panjang tangkai selaras dengan bunganya.

Beberapa jenis anggrek diketahui memiliki harga yang sangat mahal, bahkan harganya terdengar tidak masuk akal. Tetapi semuanya menjadi mungkin dan sangat masuk akal bagi para pecinta anggrek. Adalah Anggrek Shenzhen yang nilai jualnya mencapai Rp 2,7 miliar. Tentu saja ini adalah nilai yang sangat fantastis, dengan nilai itu seharunya Anda sudah bisa mendapatkan rumah, mobil dan berbagai barang mewah. Anggrek ini merupakan hasil penelitian selama 8 tahun oleh sebuah laboratorium. Lama waktu penelitian ternyata mempengaruhi harga jual bunga ini. Bayangkan saja, anggrek shenzhen dihargai setara Rp 2,7 miliar.

Selain Anggrek Shenzhen, sebenarnya masih ada banyak lagi jenis anggrek termahal lainnya yang juga memiliki nilai jual tinggi, mulai dari ratusan ribu hingga ratusan juta. Beberapa jenis anggrek yang diketahui memiliki nilai jual tinggi diantaranya adalah:

Jenis Anggrek Termahal Di Dunia

Jenis Anggrek Termahal

Jenis Anggrek Termahal

1. Anggrek Kasut Kumis

Anggrek Kasut Kumis

Anggrek Kasut Kumis

Genus Paphiopedilum diperkirakan memiliki 60 atau 70 spesies, anggrek ini banyak ditemui di Himalaya, Asia Selatan, Indonesia terutama di Sumatera, Jawa, Kalimantan dan Papua. Anggrek yang dijuluki sebagai anggrek kantung ini hidup ideal pada temperatur 18,5 sampai 20 derajat Celcius. Golongan ini juga dikenal sebagai anggrek ‘sandal nona’ atau ‘lady slipper’, dinamakan demikian karena bibir bunganya menyerupai sebuah kantung besar dan mirip sebuah sandal. Selain sebutan diatas anggrek ini juga sering diberi alias sebagai anggrek kasut kumis.

2. Anggrek Shenzhen Nongke

Anggrek Shenzhen Nongke

Anggrek Shenzhen Nongke

Anggrek yang ada sekarang ini ada yang tumbuh alami, ada juga yang hasil persilangan. Anggrek Shenzhen Nongke adalah hasil persilangan yang dilakukan oleh manusia. Anggrek Shenzhen Nongke dikembangkan oleh perusahaan agrikultur Shenzhen Nongke. Nama perusahaan itu kemudian menjadi nama bunga anggrek ini. Anggrek Shenzhen Nongke berwarna kuning kehijauan dengan bagian lidah berwarna merah hati bercampur putih. Seperti anggrek pada umumnya, anggrek ini memiliki 5 kelopak bunga.
Para peneliti memerlukan waktu 8 tahun untuk membudidayakannya. Perlu waktu 5 tahun untuk melihat anggrek ini berbunga. Anggrek ini sangat langka. Pada tahun 2005, anggrek Shenzhen Nongke pernah terjual dalam lelang dengan harga 1,68 juta yuan atau sekitar 2 miliar rupiah. Itu menjadikan bunga ini sebagai anggrek termahal di dunia. Uniknya, nama orang yang membeli anggrek ini tidak diketahui.

3. Anggrek Tebu

Anggrek Tebu

Anggrek Tebu

Anggrek tebu (Grammatophyllum speciosum) merupakan anggrek terbesar, paling besar dan paling berat diantara jenis-jenis anggrek lainnya. Dalam satu rumpun dewasa, anggrek tebu dapat mencapai berat lebih dari 1 ton dan mempunyai panjang malai hingga 3 meter dengan diameter malai sekitar 1,5-2 cm. Itulah sebabnya tanaman ini layak menyandang predikat sebagai anggrek terbesar dan terberat atau anggrek raksasa.

Baca :  15 Jenis Jenis Tanaman Hias yang Bisa Anda Tanam Sendiri

4. Anggrek Hitam

Anggrek Hitam

Anggrek Hitam

Anggrek hitam (Coelogyne pandurata) adalah spesies anggrek yang tumbuh di Semenanjung Malaya, Kalimantan, dan Sumatera. Anggrek hitam adalah maskot flora provinsi Kalimantan Timur. Saat ini, habitat asli anggrek hitam mengalami penurunan jumlah yang cukup besar karena semakin menyusutnya luas hutan di Kalimantan namun masih bisa ditemukan di cagar alam Kersik Luway dalam jumlah yang sedikit. Diperkirakan jumlah yang lebih banyak berada di tangan para kolektor anggrek.

5. Anggrek Bulan

Anggrek Bulan

Anggrek Bulan

Anggrek Bulan (Phalaenopsis amabilis) atau puspa pesona adalah salah satu bunga nasional Indonesia. Pertama kali ditemukan oleh seorang ahli botani Belanda, Dr. C.L. Blume.

Tanaman anggrek ini tersebar luas mulai dari Malaysia, Indonesia, Filipina, Papua, hingga ke Australia. Cara hidupnya secara epifit dengan menempel pada batang atau cabang pohon di hutan-hutan dan tumbuh subur hingga 600 meter di atas permukaan laut.
Anggrek bulan termasuk dalam tanaman anggrek monopodial yang menyukai sedikit cahaya matahari sebagai penunjang hidupnya. Daunnya berwarna hijau dengan bentuk memanjang. Akar-akarnya berwarna putih dan berbentuk bulat memanjang serta terasa berdaging. Bunganya memiliki sedikit keharuman dan waktu mekar yang lama serta dapat tumbuh hingga diameter 10 cm lebih.

6. Anggrek Kantung Kolopaking

Anggrek Kantung Kolopaking

Anggrek Kantung Kolopaking

7. Angrrek Emas Kinabalu

Angrrek Emas Kinabalu

Angrrek Emas Kinabalu

Anggrek Emas Kinabalu merupakan salah tanaman bunga anggrek sangat langka, pada tanaman anggrek ini terdapat di negara Malaysia. Angrrek Emas Kinabalu sendiri dibanderol dengan harga kisaran 76 jutaan rupiah, harga tersebut termasuk harga sangat sepadan dengan semuanya. Karena pada bunga anggrek satu ini akan tumbuh selama 15 tahun agar dapat berbunga, dimana umura 8 sampai 10 tahun baru memasuki umur dewasa. Sedangkan untuk masa berbunga pada Angrrek Emas Kinabalu kisaran umur 15 tahunan, dengan demikian akan sangat wajar bial harganya sangat mahal.

8. Anggrek Rothschild

Anggrek Rothschild

Anggrek Rothschild

Anggrek Rothschild atau sering disebut dengan Gold of Kinabalu Orchid merupakan salah satu jenis anggrek termahal dan anggrek sangat langka. Oleh sebab itu harga bunga anggrek Anggrek Rothschild dibanderol dengan harga sangat mahal sekali, dimana untuk harganya mencapai 62 jutaan rupiah. Harga tersebut memang sangat sebanding dengan semuanya, terlebih Anggrek Rothschild sangat langka dan juga untuk berbunga memerulakn waktu mencapai 8 tahunan.

9. Anggrek Dendrobium

Anggrek Dendrobium

Anggrek Dendrobium

Anggrek Dendrobium menjadi salah satu jenis anggrek termahal untuk saat ini, namun untuk Anggrek Dendrobium tidak semahal seperti anggrek Anggrek Rothschild atau lainnya. Namun tetap menjadi salah satu jenis anggrek dengan harga termahal, karena pada bunga anggrek tersebut memiliki bentuk bunga sangat indah sekali dan harum. Selain itu juga tersedia beberpa spesies bunga Anggrek Dendrobium seperti Dendrobium ostrinoglossum, Dendrobium catinecloesum, Dendrobium macrophyllum dan masih banyak lagi.

10. Anggrek Phalaenopsis

Anggrek Phalaenopsis

Anggrek Phalaenopsis

Anggrek Phalaenopsis atau sering kita sebut bunga anggrek bulan memang sangat mudah untuk kita jumpai, karena pada jenis ini masih terdapat cukup banyak sekali. Anggrek Phalaenopsis menjadi salah satu jenis anggrek termahal, dimana bunganya memiliki aroma sangat harum serta memiliki bentuk sangat cantik dan juga indah sekali. Untuk saat ini memang sudah banyak sekali pecinta anggrek yang sudah budidaya anggrek bukan untuk koleksi pribadi dan bahkan ada yang bisnis anggrek.

Baca :  Anggrek Ki Aksara, Bunga Yang Sangat unik

11. Anggrek Kebutan

Anggrek Kebutan

Anggrek Kebutan

Anggrek Kebutan atau Ascocentrum Miniatum salah satu jenis anggrek termahal yang memiliki bentuk bunga sangat menarik sekali. Selain itu juga pada bunga Anggrek Kebutan memiliki warna sangat cerah dengan ciri khas warna oranye dan pastinya sangat indah sekali. Untuk anggrek kebutan sendiri sangat menyukai tempat dengan ketinggian 0-1200 mdpl, sehingga akan sangat cocok di daerah dataran tingi.

12. Anggrek Bulan Bintang

Anggrek Bulan Bintang

Anggrek Bulan Bintang

Terdapat cukup banyak jenis anggrek termahal yang ada untuk saat ini, salah satunya adalah Anggrek Bulan Bintang atau Paraphalaenopsis denevei. Pada jenis satu ini memiliki bunga sangat indah sekali bentuknya, anggrek bulan bintang akan mudah kita temukan pada ketinggian 300 mdpl. Pada jenis ini memiliki 4 spesies yakni Paraphalaenopsis denevei, Paraphalaenopsis labukensis, Paraphalaenopsis laycockii dan Paraphalaenopsis serpentilingua.

13. Anggrek Sendok

Anggrek Sendok

Anggrek Sendok

Tidak hanya menjadi salah satu jenis anggrek termahal saja, anggrek sendok juga terbilang salah satu jenis langka. Bahkan pemerintah telah menjadikan anggrek sendok sebagai tanaman dilindungi oleh pemerintah, karena populasinya semakin sedikit. Adapun ciri-ciri khusus pada bunga anggrek sendok, dimana untuk bunganya memiliki warna kuning dengan dengan corak warna putih pada bagian tengahnya.

14. Anggrek Hartinah

Anggrek Hartinah

Anggrek Hartinah

Terdapat cukup banyak sekali jenis anggrek termahal untuk sekarang ini, salah satunya adalah Anggrek Hartinah atau Anggrek Tien Soeharto dengan nama latin Cymbidium hartinahianum. Untuk jenis anggrek termahal ini, ternyata hanya bisa tumbuh di daerah tertentu saja seperti Sumatra Utara dan anggrek hartinah pertama kali ditemukan pada tahun 1976. Ciri khas pada anggrek ini tumbuh merumpun, dimana sangat menyukai dengan tempat terbuka serta suhu udara yang lembab.

15. Anggrek Jamrut

Anggrek Jamrut

Anggrek Jamrut

Untuk jenis anggrek termahal selanjutnya adalah Anggrek Jamrut atau Dendrobium macrophyllum, pada jenis anggrek ini tersebar di beberap daerah di Indonesia, Filipina, Fiji, Samoa dan masih banyak lagi tempat yang cocok dengan bunga ini. Sedangkan untuk ciri-ciri dari Anggrek Jamrut adalah memiliki ukuran bunga 2,5 cm serta memiliki ukuran mencapai 10-40 cm untuk ukuran dewasa.

16. Anggrek Bulan Kalimantan Barat

Anggrek Bulan Kalimantan Barat

Anggrek Bulan Kalimantan Barat

Jenis anggrek termahal yang terakhir adalah Anggrek Bulan Kalimantan Barat atau sering disebut Paraphalaenopsis serpentilingua. Pada bunga anggrek termahal yang satu ini memiliki warna putih serta kuning pada bagian tengahnya, sehingga terlihat sangat indah sekali. Bentuknya sangat indah sekali, membuat harganya sangat mahal dan hanya saja untuk saat ini kita tidak mudah menemukan bunga anggrek yang satu ini.

Itulah beberapa jenis bunga anggrek termahal, dimana beberapa jenis anggrek seperti diatas memang tidak mudah untuk kita jumpai. Karena terdapat beberapa jenis yang hampir punah, oleh sebab itu harga bunga anggrek seperti diatas sangat mahal sekali. Terlebih untuk merawat bunga anggrek seperti diatas harus mendapat perawatan khusus agar anggrek tidak mati. Demikianlah yang dapat kami sampaikan kepada kalian semuanya, semoga informasi jenis anggrek termahal diatas dapat bermanfaat untuk kalian semua para pecinta anggrek.