12 Cara Merawat Tanaman Hias Agar Tidak Cepat Layu

Cara Merawat Tanaman Hias – Tanaman hias memang sudah menjadi kegemaran banyak orang tidak memandang usia atau gender. Setiap orang tentunya menginginkan rumah yang asri, menggunakan tanaman hias dapat mempercantik sekaligus menyegarkan area rumah. Berbagai jenis bunga, bonsai, tanaman rambat maupun tanaman berdaun dapat menjadi pilihan yang tepat untuk mengisi tiap sudut rumah.

Beberapa orang menyukai merawat anggrek karena bagian keindahan bunga nya yang menarik mata. Selain itu sebagian lain nya memilih menanam bunga krisan karena warna warna nya yang beragam sehingga membuat rumah lebih semarak. Keberadaan tanaman hias dapat menyulap situasi rumah yang biasa biasa saja menjadi berkesan mewah. Setiap tanaman hias tentunya membutuhkan perawatan khusus agar tetap dapat tumbuh dan jangan sampai layu.

Dengan cara merawat tanaman hias yang tepat maka akan lebih awet diletakkan didalam ruangan sehingga anda tidak perlu sering sering menggantinya dengan tanaman baru. Misalnya jika merawat bunga aster tentunya berbeda treatment nya dengan bunga matahari. Oleh karena anda perlu mengetahui hal hal dasar seperti jenis tanaman hias, media tanam, pencahayaan, suhu udara, penyiraman dan masih banyak lain nya.

Jika anda memilih tanaman hias dalam rumah tentunya akan lebih simple soal perawatan karena tidak membutuhkan air dan sinar matahari yang banyak. Namun berbeda hal nya jika anda menanam di halaman rumah, perawatan tentunya akan lebih banyak dilakukan. Setiap tanaman hias memang memiliki keunikan sehingga anda wajib mengetahuinya, semakin unik kebanyakan harganya juga semakin mahal.

Cara Merawat Tanaman Hias

Cara Merawat Tanaman Hias

Cara Merawat Tanaman Hias

Memantau kondisi tanaman hias secara berkala perlu dilakukan agar tidak terjadi kerusakan dan mati. Beberapa faktor sangat mempengaruhi kesuburan tanaman hias seperti media tanam, jadi sebelumnya anda tetap harus memperhatikan nya. Jika anda tekun menjaga tanaman hias, maka secara otomatis pertumbuhan nya akan tetap terjaga. Kami akan memberikan beberapa cara merawat tanaman hias yang dapat anda terapkan sehari hari berikut ini.

Baca :  13 Jenis Jenis Tanaman Hias Daun Outdoor dan Indoor Paling Favorit

1. Pemilihan Tanaman Hias

Pertama kali adalah pemilihan tanaman hias, sesuaikan dengan lingkungan yang akan anda tempati. Jika ingin menempatkan didalam ruangan maka pilihlah tanaman hias yang tidak membutuhkan banyak air dan sinar matahari. Agar tetap dapat subur tanaman membutuhkan air, udara dan sinar matahari jadi pastikan tanaman hias anda sudah memenuhi kriteria sesuai tempat peletakan nya.

2. Tentukan Media Tanam

Apabila sudah menentukan tanaman hias, maka anda dapat memilih media tanam. Media tanaman hias bisa di pot maupun tanah sesuai jenis nya. Untuk tanaman hias sendiri banyak orang menggunakan pot sehingga pilih ukuran yang sesuai, jangan terlalu besar maupun kekecilan.

3. Berikan Pupuk

Kemudian berikan pupuk yang cocok dengan tanaman hias anda. Ada 2 pupuk yaitu pupuk utama (dasar) dan juga tambahan, untuk pupuk utama dicampurkan kedalam tanah. Sedangkan pupuk tambahan dapat diberikan secara berkala. Biasanya pupuk utama terbuat dari bahan organik, sedangkan pupuk tambahan dari bahan kimia.

4. Sesuaikan Waktu Penyiraman

Setiap tanaman hias memiliki karakteristik khusus, ada yang membutuhkan banyak air sehingga anda wajib menyiraminya tiap hari. Namun ada pula jenis yang tidak membutuhkan air banyak, biasanya tanaman hias dalam ruangan. Berikan air sesuai kebutuhan tanaman, karena sangat mempengaruhi pertumbuhan dan kehidupan nya.

5. Sesuaikan Lokasi Peletakkan Tanaman

Selanjutnya silahkan lakukan penataan tanaman hias sesuai dengan kebutuhan nya. Apabila tanaman tidak membutuhkan pencahayaan dan air yang banyak maka anda dapat meletakan nya di dalam ruangan. Namun jika tanaman hias membutuhkan air dan banyak sinar matahari maka tanam di media tanah diluar rumah.

6. Memperhatikan Tingkat Kelembaban

Faktor kelembaban memang sangat mempengaruhi pertumbuhan tanaman, anda dapat melihatnya secara langsung pada tekstur tanaman hias apakah layu atau berubah warna. Jika daun berubah warna menjadi kuning maupun cokelat maka dipastikan ruang anda tidak memiliki kelembaban cukup, oleh karena itu segera pindahkan ketempat lebih sejuk.

Cara Merawat Tanaman Hias Agar Tidak Cepat Layu

Cara Merawat Tanaman Hias Agar Tidak Cepat Layu

7. Penyiangan Secara Teratur

Cara merawat tanaman hias berikutnya adalah dengan melakukan penyiangan atau mencabut rumput. Dengan penyiangan teratur maka tanah dapat secara maksimal menyediakan nustrisi untuk tanaman hias anda.

Baca :  10 Cara Merawat Bunga Anggrek Cepat Berbunga

8. Waspada Hama Tanaman Hias

Selanjutnya pastikan apabila tanaman hias anda jauh dari hama atau serangga pengganggu. Biasanya ulat maupun belalang akan menempel di daun tanaman hias sehingga perlu disingkirkan. Untuk mencegah munculnya hama memang beragam, misalnya dengan menyemprotkan pestisida sesuai dosis.

9. Pangkas Secara Teratur

Cara merawat tanaman hias berikutnya adalah dengan melakukan pemangkasan pada bagian akar dan daun. Pangkas akar yang menjulur agar lebih rapi dan tidak merusak pot dan juga pangkas daun yang sudah layu.

10. Atur Pencahayaan

Berikutnya anda harus mengetahui kebutuhan sinar matahari terhadap tanaman hias. Jika tanaman hias membutuhkan banyak sinar matahari maka pastikan terkena paparan nya secara langsung. Namun jika tanaman hanya membutuhkan sedikit sinar matahari maka anda dapat meletakkan nya pada area yang lebih redup.

11. Mengganti Pot

Secara berkala anda perlu mengganti pot apabila pertumbuhan tanaman sudah pesat. Jika sudah tidak muat dalam pot maka anda dapat memindahkan nya ke pot dengan ukuran lebih besar. Jika tidak diganti maka pertumbuhan tanaman hias akan terganggu dan akhirnya rusak.

12. Membersihkan Media Tanaman Hias

Anda juga perlu membersihkan media tanam baik tanah maupun pot, pastikan jauh dari gulma maupun hama. Dengan menjaga kebersihan tanaman hias maka resiko kematian dan kerusakan akan dapat diminimalisir.

Dengan melakukan cara merawat tanaman hias diatas maka pertumbuhan akan tetap terjaga sekaligus tidak mudah layu. Tentunya tiap orang menginginkan tanaman hias yang awet dan tahan lama sehingga tidak perlu ribet menggantinya. Memang cara merawat tanaman hias dapat dilakukan sendiri dengan kiat kiat diatas, semoga informasi yang kami berikan dapat menjadi referensi dan juga inspirasi bagi anda.

Baca :  7 Cara Merawat Bunga Krisan dan Tips Menanamnya
Assign a menu in the Left Menu options.
Assign a menu in the Right Menu options.