4 Cara Merawat Lidah Buaya yang Tepat dan Mudah

Cara Merawat Lidah Buaya – Kalian mungkin sudah tidak asing lagi dengan nama tumbuhan yang satu ini, yakni Lidah Buaya. Lidah buaya memiliki nama latin Aloe Vera yang mana merupakan salah satu jenis tanaman hias yang dapat kita budidayakan menjadi tanaman herbal yang kaya akan manfaat. Lidah Buaya sendiri memiliki kemampuan untuk hidup dan tumbuh baik di iklim kering sehingga membuat tanaman asal Afrika ini dapat ditanam di mana saja dengan perawatan yang tergolong mudah dan sederhana.

Di daerah musim dingin, Lidah Buaya ini dapat kalian tanam di dalam pot dengan media tanam berupa campuran tanah yang dibuat khusus untuk tanaman sukulen. Tanaman ini juga merupakan tanaman yang tidak dapat tumbuh besar. Dan seperti kita ketahui bahwa Lidah Buaya dapat kita lihat dan temui di teras rumah atau taman depan rumah, hal ini dikarenakan tanaman ini merupakan jenis tanaman hias yang paling mudah perawatannya. Walaupun tergolong mudah, kita tetap saja harus memperhatikannya agar tanaman hias yang satu ini dapat tumbuh subur dan sehat.

Cara merawat Lidah Buaya juga memiliki hal-hal yang perlu diwaspadai agar pertumbuhannya lebih maksimal, seperti dengan memperhatikan perubahan warna daun dan juga daun yang rontok. Masalah tersebut memang umum terjadi pada tanaman hias yang satu ini yang mana disebabkan oleh drainase yang kurang tepat atau juga cuaca yang ekstrim seperti hujan dan juga terik matahari. Selain itu juga masih ada beberapa hal yang perlu kalian perhatikan dalam merawat tanaman Lidah Buaya, seperti penggunaan tanah, penggunaan pupuk, intensitas cahaya dan masih banyak cara lain yang dapat kalian pelajari.

Baca :  15 Cara Merawat Anggrek Agar Cepat Berbunga

Nah untuk mengetahui cara merawat Lidah Buaya yang tepat dan Mudah kalian dapat langsung menyimak ulasan informasi mengenai cara merawat lidah buaya yang tepat dan mudah berikut ini.

Cara Merawat Lidah Buaya yang Tepat dan Mudah

Cara Merawat Lidah Buaya yang Tepat dan Mudah

Cara Merawat Lidah Buaya yang Tepat dan Mudah

1. Gunakan Tanah Kering

Gunakan tanah kering untuk menanam Lidah Buaya. Dan akan lebih baik jika kalian mencampurnya dengan pasir, batu apung atau perlit dan kemudian berikan sedikit pupuk agar tanaman menjadi lebih subur.

2. Penyiraman

Selanjutnya adalah dengan cara memperhatikan penyiraman. Jangan terlalu sering menyiram tanaman ini karena Lidah Buaya memiliki daun berdaging yang mampu menyimpan air, jadi jika tanaman ini terlalu sering disiram maka akan membuat tanaman menjadi cepat busuk. Kalian dapat menyiramnya sehari sekali atau jika tanah terlihat sudah mengering.

3. Intensitas Cahaya Matahari

Perhatikan intensitas cahaya matahari. Hal ini perlu diperhatikan karena Lidah Buaya merupakan tanaman yang dapat tumbuh dalam ruangan dan di luar ruangan, namun dalam artian masih mendapatkan cahaya matahari yang cukup. Lebih baik hindari tempat yang mendapat cahaya matahari sangat kuat karena nantinya dapat merusak daun Lidah Buaya.

4. Ganti Pot

Lalu cara merawat Lidah Buaya yang terakhir adalah dengan cara mengganti pot. Jika tanaman Lidah Buaya ini kalian tanam di dalam pot, maka kalian harus memperhatikan pertumbuhannya. Tanaman jenis ini akan berkembang cukup cepat dan memiliki banyak tunas, jika pot sudah tidak cukup maka kalian bisa langsung segera menggantinya dengan pot yang lebih besar. Lidah Buaya yang sudah bertunas, kalian dapat memisahkan tunas dari induknya lalu kalian dapat menanamnya di pot lain, karena jika tetap disatukan nantinya akan menyedot energi dari pohon induk.

Baca :  Cara Merawat Anggrek Paphiopedilum Yang Mudah

Nah itulah beberapa tips dan cara merawat Lidah Buaya yang tepat dan mudah. Cara yang kami sampaikan diatas juga cukup simpel dan dapat kalian lakukan dirumah. Selain itu kalian juga dapat membaca artikel lain mengenai cara menanam bunga Anggrek Bulan dan cara merawat bunga Anggrek di postingan sebelumnya. Cukup sekian dari kami semoga artikel mengenai cara merawat Lidah Buaya yang tepat dan mudah dapat bermanfaat bagi anda semua. Terima kasih atas perhatiannya.