6 Cara Merawat Bunga Melati Agar Cepat Berbunga

Cara Merawat Bunga Melati – Bunga Melati merupakan jenis tanaman hias yang memiliki karakterisktik berbatang tegak dan mampu hidup dengan durasi yang sangat lama. Melati juga masuk dalam genus dari semak dan tanaman rambat dalam keluarga zaitun. Perlu kalian ketahui bahwa Bunga Melati memiliki 200 spesies tumbuhan asli daerah tropis dan juga hangat yang berasal dari Eurasia, Australasia dan Oseania. Saat ini bunga melati sudah secara luas di budidayakan karena aroma khas yang dimilikinya.

Bunga Melati yang sering kita temui merupakan bunga dengan warna yang umum, yaitu putih walaupun masih ada banyak jenis bunga Melati yang memiliki warna lain. Selain memiliki keindahan, bunga ini juga biasanya digunakan untuk campuran teh atau juga aksesoris pengantin dalam pernikahan. Nah dibawah ini kami telah membahas mengenai cara merawat bunga Melati agar cepat berbunga yang dapat kalian simak langsung berikut ini.

Cara Merawat Bunga Melati Agar Cepat Berbunga

Cara Merawat Bunga Melati Agar Cepat Berbunga

Cara Merawat Bunga Melati Agar Cepat Berbunga

1. Penyulaman dan Penjarangan

Cara merawat bunga Melati yang pertama adalah dengan penyulaman. Penyulaman ini merupakan penggantian bibit yang sudah mati atau tumbuh abnormal dengan bibit bunga Melati yang baru dan segar. Teknik penyulaman juga pada prisnsipnya sama dengan teknik penanaman, hanya saja penyulaman ini dilakukan langsung di lokasi atau lubang tanam ketika melakukan pergantian bibit yang sudah mati atau abnormal.

Dan untuk waktu penyulaman sebaiknya dilakukan jangan lebih dari sebulan setelah penanaman. Lakukan penyulaman sedini mungkin agar tanaman dapat tumbuh seragam dan tidak merepotkan ketika pemeliharaan selanjutnya. penyulaman ini dapat dilakukan ketika pagi atau sore hari ketika matahari tidak terlalu menyengat.

Baca :  5 Cara Merawat Pucuk Merah Agar Tumbuh Baik

2. Penyiangan

Cara merawat bunga Melati yang kedua adalah dengan penyiangan. Setelah Melati berumur satu bulan biasanya lahan akan ditumbuhi dengan gulma atau rumput liar. Gulma ini nantinya akan menjadi pesaing bagi tanaman Melati dalam memenuhi kebutuhan unsur hara, air dan juga sinar matahari

3. Pemupukan

Selanjutnya adalah pemupukan. Waktu yang cocok untuk memupuk tanaman Melati adalah 3 bulan sekali, dan pupuk yang digunakan biasanya Urea dosis 300-700 kg/ha/tahun, STP dosis 300-500 kg/ha/tahun dan terakhir adalah KCI dosis 100-300 kg/ha/tahun. Pemupukan tersebut dilakukan dengan cara menebarkan pupuk di dalam parit antar tanaman dengan merata, atau di sekililing tajuk tanaman dengan kedalaman 10 hingga 15 cm.

Cara selanjutnya juga dapat dengan memasukan pupuk tersebut ke lubang tugal yang berada di sekeliling tajuk Melati. Waktu pemupukan dilakukan sebelum pemangkasan, ketika Melati berbunga, sesuai panen bunga dan ketika pertumbuhan tanaman Melati kurang prima. Perlu kalian ketahui juga bahwa pemupuklan juga berfungsi untuk meningkatkan produksi Melati, khususnya untuk pupuk yang memiliki kandungan fosfor lebih banyak.

4. Penyiraman

Cara merawat bunga Melati yang keempat adalah dengan memperhatikan pengairan. Pada fase pertama atau awal, pertumbuhan tanaman ini memang membutuhkan pasokan air yang cukup banyak. Maka pengairan dapat dilakukan secara rutin/berkala setiap hari hingga tanaman berumur 1 bulan. Pengairan juga sebaiknya dilakukan ketika pagi dan sore hari dengan cara menyiram tanaman sampai tanah disekitar akar menjadi basah.

5. Pemupukan

Kemudian kalian juga dapat melakukan pemupukan dengan menggunakan cairan ZPT. ZPT ini merupakan zat pengatur tumbuh yang mampu merangsang dan meningkatkan serta mempertahankan produksi bunga. Salah satu zat pengatur tumbuh yang baik adalah Ethrel dan Cycocel. Tanaman yang disemprot dengan menggunakan cairan tersebut dapat menghasilkan bunga yang banyak hingga 1,45 kg/tanaman.

Baca :  Cara Merawat Anggrek Paphiopedilum Yang Mudah

6. Lain-lain

Dan cara merawat bunga Melati yang terakhir adalah dengan memperhatikan cara-cara lain, seperti membersihkan tanaman Melati yang mungkin sudah rusak atau tidak menjalar, kemudian pemangkasan pada Melati dengan jenis Spanish Jasmine pada ketinggian 90 cm diatas permukaan tanah.

Nah itulah beberapa cara merawat bunga Melati agar cepat berbunga. Cara yang kami sampaikan diatas juga cukup mudah jika kalian praktekan di rumah. Kalian juga dapat membaca postingan lain mengenai cara merawat bunga matahari untuk pemula. Baiklah mungkin hanya ini saja yang dapat kami sampaikan, semoga artikel mengenai cara merawat bunga Melati agar cepat berbunga dapat bermanfaat bagi anda semua. Sekian dari kami dan terima kasih atas perhatiannya.

Assign a menu in the Left Menu options.
Assign a menu in the Right Menu options.