7 Cara Merawat Bunga Krisan dan Tips Menanamnya

Cara Merawat Bunga Krisan – Indonesia terkenal dengan begitu banyaknya flora dan fauna yang mungkin tidak akan bisa anda temui di daerah manapun. Oleh sebab itu kita sebagai warga negara Indonesia tentu harus bangga menjadi bagian dari pemilik semua flora dan fauna tersebut. Apabila sebelumnya kita bagikan informasi mengenai Anggrek Dendrobium Ungu yang merupakan salah satu tanaman hias dengan bunga yang begitu indah, kali ini akan kita bagikan beberapa informasi mengenai bunga Krisan yang merupakan salah satu bunga indah dari daatan Cina dan Jepang.

Sebelum membahasnya lebih lanjut, perlu di ketahui juga bahwa bunga Krisan juga sering di sebuat dengan nama bunga seruni atau bunga Krisantenum. Jenis tanaman hias yang satu ini lebih cenderung bisa di tanam pada daerah yang hangat. Meski begitu dengan cara merawat bunga Krisan yang baik dan benar maka bisa di mungkinkan juga kita dapat menanamnya di daerah dengan cuaca panas. Maka dari itu untuk anda yang ingin mencoba menanam bunga hias yang satu ini harus mengetahui cara merawatnya.

Oleh sebab itu, dikesempatan yang baik ini akan kita bagikan tips dan trik cara merawat bunga krisan yang bisa anda ikuti dan anda coba agar bunganya bisa mekar dengan subur dan banyak. Seperti diatas kami sampaikan bunga Krisan ini merupakan salah satu bunga nan indah yang berasal dari daratan Cina dan Jepang yang dimana populasinya menyebar sangat cepat ke kawasan Eropa dan Prancis pada tahun 1795 yang lalu.

Sedangkan masuknya ke tanah air Indonesia diperkirakan pada abad ke-17 dan mulai di kembangkan secara besar di Indonesia di kisaran tahun 1940 an. Sama seperti jenis-jenis bunga Anggrek, bunga Krisan yang satu ini juga memiliki banyak sekali bentuk dan warna yang sangat menarik untuk kita bahas satu persatu mulai dari tipe standar hingga tipe spray. Hanya saja seperti diatas kami katakan kali ini kami hanya akan memberikan informasi mengenai cara merawat bunga krisan agar dapat tumbuh di daerah kita Indonesia dengan baik dan subur.

Baca :  Cara Merawat Anggrek Kebutan Cepat Berbunga

Tips Merawat Bungan Krisan di Daerah Panas

Cara Merawat Bunga Krisan

Cara Merawat Bunga Krisan

Namun sebelum kita melangkah pada inti artikel yang akan kita bagikan kali ini, perlu diketahui juga bahwasannya Bunga Krisan juga memiliki banyak sekali manfaat yang dapat anda peroleh ketika kita jadikan sebagai tanaman hias. Selain itu diketahui juga bahwa bunga Krisan ini juga bisa dimanfaatkan untuk merawat kesehatan jantung, melindungi infeksi bakteri, memelihara kesehatan mata dan juga meningkatkan fungsi otak serta yang lainnya. Dan berikut adalah beberapa cara merawat bunga Krisan yang bisa anda lakukan.

1. Menyiapkan Naungan Atau Tempat Yang Teduh

Berbeda dengan Anggrek Bulan Bintang ataupun juga jenis bunga anggrek lainnya yang akan lebih baik tidak terkena paparan sinar matahari secara langsung, Bunga Krisan justru sebaliknya yang dimana karakternya justru lebih menyukai paparan sinar matahari langsung. Hanya saja jika kita menanamnya di daerah yang bersuhu panas maka itu tidak akan bagus karena akan membuatnya layu.

Maka dari itu cara merawata bunga krisan yang baik adalah menyiapkan naungan atau tempat yang teduh jika kita menanamnya di tanah air kita Indonesia. Seperti diatas kami katakan bunga krisan ini juga merupakan salah satu jenis bunga yang dapat di tanam didalam pot sebagai bunga hias. Namun perlu di perhatikan bahwa anda harus menyiampan rumah kaca dengan kisaran suhu sekitar 34 – 36 derajat celcius.

2. Gunakan Sinar Lampu Setiap Malam

Termasuk dalam salah satu tanaman sub tropis, Bunga Krisan ini lebih dan kami sarankan untuk anda tanam di daratan tinggi atau yang mempunyai suhu berkisara 21 – 25 dertajat celcius. Jika anda tetap menanamnya di sekitaran rumah bisa dipastikan bunga ini akan tetap hidup namun tidak akan sempurna dengan adanya beberapa kekurangan yang membuat pertumbuhannya tidak maksimal. Biasanya kekurangan tersebut meliputi umur yang lebih pendek, bentuk tangkai yangpendek dan bungan lebih pudar.

Baca :  Dimana Sajakah Tanaman Anggrek Dapat Tumbuh Subur ?

Salah satu cara merawat bunga krisan yang baik ketika kita menanamnya di sekitaran rumah adalah selalu simpan bungan krisan dibawah sinar lampu setiap malam agar dapat membuat postur tanaman lebih sempurna dan lebih baik. Untuk pemberikan cahaya lampu jarak maksimal adalah 2 meter. Pengukuran cahaya yang di terima tanaman bisa anda ukur dengan menggunakan luxmeter yang dimana nilai idealnya adalah sekitar 70 lux dari alat tersebut.

3. Memilih Media Tanam Yang Baik

Pemilihan Media Tanam

Pemilihan Media Tanam

Dengan populasi yang sangat besar di Indonesia, jenis tanaman bunga Krisan ini sering kali bisa kita jumpai di beberapa media online ataupun marketplace yang ada di tanah air. Dimana ketika kita membelinya pertama kali biasanya para penjual hanya menempatkan sekam bakar yang mereka jadikan sebagai media tanamnya. Jika and aingin mendapatkan hasil yang sempurna. Pindahkan saja bunga krisan tersebut di tempat atau di media tanam yang lebih bagus dan lebih baik seperti pot dengan media tanam yang mampu menahan air.

4. Pemberian Pupuk yang Tepat

Sama seperti cara merawat bunga mawar ataupun lidah buaya, ketika kita mengharapkan sebuah tanaman agar menampilkan hasil yang maksimal kita juga tidak boleh pelit terhadapa tanaman tersebut. Seperti kita ketahui bersama tanaman pun membutuhkan asupan nutrisi yang cukup agar bisa tumbuh dengan baik. Maka dari itu, anda yang saat ini ingin menanam bungan Krisan janganlah anda lupa untuk selalu memberikan pupuk sesuai dengan takaran dan porsi. Dan lebih baik gunakan pupuk organik.

5. Penyiraman yang Teratur

Setiap tumbuhan selalu membutuhkan air untuk memperlancar pertumbuhan dan memperpanjang hidup mereka. Oleh karena itu salah satu cara mearawat bunga Krisan agar tetap terlihat segar adalah selalu memberikan air atau penyiraman yang bisa dilakukan dua kali sehari yakni pada pagi hari antara jam 6 – 10 pagi dan sore hari antara jam 3 – 5 sore. Penyiramannya pun bisa dilakukan secara mauan atau dengan menggunakan sprayer atau gembor.

Baca :  6 Cara Merawat Bunga Melati Agar Cepat Berbunga

6. Penerapan Teknik Pinching Dan Disbudding

Dan cara merawat bunga Krisan yang selanjutnya agar tumbuh dengan sempurna adalah melakukan atau menerapkan teknik pinching dan disbudding. Yang dimana bagi setiap pecinta tanaman hias tentu saja sudah tidak asing mendengarnya, Dimana teknik pinching adalah teknik pemotongan atau pembuangan pucuk yang biasanya tumbuh pada saat awal penanaman. Sedangkan teknik disbudding adalah teknik pemotongan dengan cara menyingkirkan bagian bunga yang tidak diinginkan agar mendapatkan hasil yang sempurna.

7. Bersihkan dari Tanaman Pengganggu (Gulma)

Sementara cara merawat bunga krisan yang terakhir adalah pembersihan media tanam dari jenis tanaman lain yang bisa mengganggu pertumbuhan akar dari bunga Krisan ini seperti rumput yang ada disekitar area. Hal ini perlu dilakukan agar nutrisi yang di butuhkan tumbuhan bunga krisan tidak terserap oleh tanaman lain.

Itulah beberapa tips cara merawat bunga krisan yang bisa kami bagikan pada kesempatan kali ini, semoga dengan menyimaknya anda akan dapat memperolah sebuah referensi baru ketika ingin menanam atau membudidayakan bunga Krisan di Indonesia. Semoga bermanfaat.