9 Cara Merawat Bunga Aster Mudah & Cepat Berbunga

Cara Merawat Bunga Aster – Kali ini kami akan membahas salah satu tanaman bunga hias yang sedang populer selain bunga anggrek yaitu tanaman bunga aster. Bunga yang berasal dari keluarga Asteraceace ini adalah bunga yang lebih akrab dikenal sebagai bunga daisy atau seruni. Dimana bunga ini masih 1 rumpuh dengan bunga matahari.

Sebenarnya bunga aster ini merupakan salah satu jenis tanaman rumput yang jika berbunga tanaman bunga aster sangat cantik dilihat. Dan tanaman bunga aster ini mempunyai mahkota bunga yang warnanya sangat mencolok. Karena keindahan warnanya inilah banyak orang yang mencoba cara merawat bunga aster untuk budidaya ataupun untuk koleksi di rumah.

Cara merawat bunga aster tidaklah sesulit merawat bunga mawar. Karena tanaman ini hanya membutuhkan kesabaran dalam merawatnya. Jika anda menggunakan cara merawat bunga aster yang kami bagikan disini, maka kemungkinan besar anda akan mendapatkan bunga aster yang indah bunganya dan warnanya sangat mencolok.

Namun sebelum anda belajar cara merawat bunga aster yang cepat berbunga. Alangkah baiknya anda untuk tahu terlebih dahulu cara menanam bunga aster. Karena pertumbungan tanaman bunga yang baik mulai dari proses penanamannya yang benar.

Cara Merawat Bunga Aster Agar Cepat Berbunga

Cara Merawat Bunga Aster Mudah & Cepat Berbunga

Cara Merawat Bunga Aster Mudah & Cepat Berbunga

Disini kami beritahukan cara merawat bunga aster dan cara menanamnya dengan menggunakan media pot. Karena media pot ini memang sudah biasa digunakan untuk menanam tanaman bunga hias. Selain mudah didapatkan, menanam bunga di pot juga mudah untuk di taruh dimana saja.

Cara Menanam Bunga Aster Yang Benar

Cara Menanam Bunga Aster Yang Benar

Cara Menanam Bunga Aster Yang Benar

1. Pertama anda harus menyiapkan benih bunga aster, media tanam tanah humus, media pot, emrat dan juga air secukupnya.

Baca :  7 Cara Merawat Buket Bunga Asli Biar Segar dan Tahan Lama

2. Sekarang anda harus memilih tempat yang bagus untuk bunga aster, dimana bunga aster ini membutuhkan tempat yang udaranya tidak terlalu panas dan cahaya matahari yang banyak.

3. Siapkanlah pot dan diisi dengan tanah serta kompos, pasir ukuranya 1 banding 1. Kemudian anda baru siram media tersebut ingat jangan terlalu basah ataupun jangan terlalu gembur.

4. Kalau anda menanam benih bunga aster maka tanam benih tersebut ke media pot dengan kedalaman 2 sampai 3 cm.

5. Media pot yang sudah ada benih bunga asternya di taruh di dalam ruangan selama 4 sampai 6 minggu lebih. Ingat anda harus menjaga kelembapan tanah dengan cara menyiram media tersebut secara rutin. Tidak terlalu banyak air akan membuat benih tersebut cepat tumbuh.

6. Kalau anda menanam bibit bunga aster maka anda tinggal pindahkan bibit tersebut ke media pot. Ingat pindahkan bersama dengan tanah yang ada di media sebelumnya.

7. Lakukanlah penyiraman bunga aster setiap hari. Usahakan media tanamnya jangan sampai kering.

8. Untuk cepat tumbuh, alangkah baiknya anda menaburkan mulsa bisa dari mulsa serpihan kayu ataupun plastik.

Cara Merawat Bunga Aster Biar Cepat Berbunga

Cara Merawat Bunga Aster Biar Cepat Berbunga

Cara Merawat Bunga Aster Biar Cepat Berbunga

1. Pertama anda harus siapkan mulsa dengan ketebalan 4 sampai 5 cm setelah itu anda taburi kompos. Taburkan mulsa tersebut ke sekitar media tanaman bunga aster.

2. Selanjutnya anda lakukan penyiraman secara rutin dan usahakan jangan sampai kering tanahnya. Karena bunga aster ini adalah salah satu jenis tanaman hias yang sangat memerlukan air di dalam tanahnya.

3. Kalau anda berlebih menyiram ataupun tidak rutin menyiram, maka bunga aster akan susah sekali untuk mekar.

Baca :  Cara Merawat Anggrek Kebutan Cepat Berbunga

4. Untuk membuat tampilan batang bunga aster lebih terlihat tegak dan bagus. Maka anda bisa pasang tonggak kayu dan ikatkan kayu tersebut ke batang bunga aster.

5. Tujuannya supaya batang bunga aster bisa tegak dan tidak belok-belok.

6. Lalu anda bisa juga potong sedikit ujung batangnya sekitar 2 sampai 3 cm guna merangsang cabang-cabang baru.

7. Rutinlah untuk memotong atau buang daun-daun bunga aster yang sudah layu.

8. Kalau bunga aster anda sering terkena debu ataupun terkena serangga, maka anda bisa menyemprotkan aliran air yang keras tapi jangan terlalu banyak.

9. Buat yang sekarang mengalami serangan hama siput, maka anda bisa melilitkan kawat ataupun lembeng tembaga pada bagian tanaman bunga aster. Agar nantinya siput tidak masuk ke tanaman bunga aster.

Kunci sukses untuk mendapatkan bunga aster yang indah serta cepat berbunga adalah anda harus merawat bunga tersebut sebaik mungkin. Berikanlah kasih sayang terhadap bunga aster anda. Karena nantinya bunga aster yang anda tanam akan membalas kasih sayang anda itu dengan bunga yang indah.