10 Cara Menanam Bunga Seruni Bagi Pemula

Cara Menanam Bunga Seruni – Banyaknya jenis tanaman hias yang ada saat ini membuat kita tidak sulit menemukan jenis tanaman yang akan kita gunakan sebagai media untuk mempercantik rumah. Dari banyaknya jenis tersebut salah satu yang tengah populer dan tengah banyak di incar orang untuk menjadi pelengkap keindahan rumah mereka adalah bunga seruni atau dikenal dengan nama lain sebagai bunga krisan atau Chrysanthemum.

Bunga Seruni sendiri merupakan jenis bunga potong yang paling banyak di inginkan orang dibandingkan dengan bunga potong lainnya. Bahkan dari beberapa informasi yang ada disebutkan bahwa permintaan akan bunga seruni pun hampir meningkat setiap tahunnya. Dengan jumlah permintaan yang meningkat otomatis nilai jual dari bunga seruni pun juga ikut meningkat.

Melihat hal tersebut tidak heran apabila kini kita banyak menemukan pembudidaya bunga seruni yang terus memperbanyak kapasitas budidaya bunga seruni mereka. Hal tersebut selain mengacu pada peningkatan jumlah permintaan pasar yang semakin besar, ternyata cara menanam bunga seruni sendiri tebilang sangatlah mudah dan simple.

Dimana bunga seruni dapat tumbuh dengan optimal didaerah dataran tinggi sehingga sangat cocok jika anda yang berada di daerat dataran tinggi menjadikan ini sebagai potensi usaha yang menguntungkan saat ini. Maka dari itu, anda harus memperhatikan dengan seksama tentang cara menanam bunga seruni yang akan kami bagikan dibawah ini agar anda yang akan membuat ini sebagai lahan yang menguntungkan bisa mendapatkan laba yang banyak.

Cara Menanam Bunga Seruni Bagi Pemula

Cara Menanam Bunga Seruni

Cara Menanam Bunga Seruni

Pemilihan Bibit Bunga Seruni yang Baik

Menjadi seorang pembuidaya sebuah tanaman tentu saja hal utama yang harus selalu diperhatikan adalah pemilihan bibit. Dengan memilih bibit yang baik dan tepat, tentu saja hal ini akan berdampak pada hasil akhir yang sempurna. Penanaman bunga seruni sendiri bisa di lakukan dengan menanamnya dari biji atau juga bisa dengan proses stek.

Baca :  12 Tips Budidaya Tanaman Hias Bagi Pemula

Namun kebanyakan dari para pembudidaya selalu menggunakan metode stek agar hasil bunga yang di peroleh lebih optimal. Selain itu cara menanan bunga seruni dengan metode stek ini juga di memiliki persentasi besar dalam hal keberhasilannya. Dan berikut adalah beberapa kriteria stek yang bisa anda gunakan untuk memilih bibit bunga seruni yang berkualitas.

  1. Stek pucuk tanaman diharuskan dalam keadaan segar dan tidak layu
  2. Pemilihan pohon harus yang baik, dan pastikan tidak ada luka pada setiap bagian stek baik itu pada bagian daun ataupun batangnya
  3. Stek tanaman berasal dari tanaman induk yang sehat
  4. Daun stek harus berwarna hikau cerah
  5. Batang stek masih basah dan memiliki kandungan air yang cukup baik
  6. Simpan bibit yang sudah anda pilih tersebut pada tempat yang dingin dengan temperatur suhu ruang yang baik

Menanam Stek Bunga Seruni

Cara menanam bunga seruni yang selanjutnya dan yang menurut kami juga cukup penting adalah sebelum ditanam pada lahan yang luas, ada baiknya bibit stek yang sudah anda siapkan sebelumnya di semai terlebih dahulu. Cara ini setidaknya akan membuat akar dari bibit stek bunga seruni akan tumbuh terlebih dulu baru lah kemudian anda pindah ke lahan yang lebih luas.

Jika anda melakukan penyemaian ini dengan benar tentu saja persentase hidup dari bunga seruni tersebut jauh lebih besar. Adapun berikut adalah beberapa langkah cara-cara menanam bunga seruni yang mudah bagi pemula :

  1. Pertama siapkan tray semai dengan bagian bawah yang berlubang
  2. Selalu gunakan media tanam arang sekam agar hasilnya semakin maksimal
  3. Isikan media tanam tersebut kedalam tray semai hingga penuh
  4. Silahkan buat lubag tanam dengan kedalaman 0.5 cm dengan jarak antar lubang sekitar 5 x 5 cm
  5. Ada baiknya rendam terlebih dahulu bibit stek yang sudah anda siapkan pada larutan fungisida dengan takaran 5g/l selama 15-20 menit
  6. Setelah anda rendam sebaiknya anda keringkan dan kemudian oleskan hormon auksin pada bagian batang bawah untuk lebih merangsang pertumbuhan akar
  7. Masukan bibit stek kedalam lubang tanam dan tutup serta ratakan kembali lubang tersebtu
  8. Siram tray semai menggunakan air bersih secukupnya setiap harinya
  9. Letakan tray pada tempat yang teduh jangan terlalu banyak terkena sinar matahai seperti cara menanam bunga asoka
  10. lakukan hal tersebut selama 2 minggu dan anda akan melihat hasil yang baik baru kemudian anda pindahkan
Baca :  Tips dan Cara Budidaya Bunga Anggrek Yang Benar

Pindah Tanam Ke Lahan

Langkah selanjunya setalah anda melihat pertumbuhan bibit stek diatas tray dengan sempurna, adalah memindahkan bibit tersebut ke lahan yang lebih baik. Hanya saja sebelum anda memindahkan pada lahan tersebut, ada baiknya ajika anda sudah menyiapkan lahan tersebut minimal 1 bulan sebelum tanaman bibit bunga seruni ini akan anda pindahkan.

Hal ini bertujuan agar kondisi lahan tanam yang di olah atau lahan tanam yang akan digunakan sudah benar-benar netral dari berbagai macam hal. Selain itu penyiapan lahan tanam ini juga bertujuan agar tidak akan ada gangguan virus dan mikroorganisme merugikan yang akan dapat membuat perumbuhan bunga seruni terhambat dan terganggu.

Pemeliharaan dan Perawatan

Seperti kita ketahui dalam metode penamanan sebuah tanaman tentu saja hal yang juga tidak boleh kita tinggalkan atau lewatkan adalah perawatan dan pemeliharaan. Hal tersebut juga berlaku pada cara menanam bunga seruni yang satu ini. Hal tersebut tentu saja akan bertujuan untuk membuat bunga yang mekar jauh lebih sempurna.

Adapun cara merawat bunga seruni sendiri tidak jauh berbeda dari cara merawat bunga matahari ataupun juga jenis bunga potong lainnya. Dimana hal yang perlu anda perhatikan adalah pemupukan, pengairan, pembumbuhan dan penyiangan serta pemangkasan dengan teknik pinching dan juga teknik disbudding.

Bunga Seruni Siap Panen

Setelah semua cara menanam bunga seruni diatas telah anda lakukan maka bunga seruni pun akan siap untuk anda panen. Biasanya pemanenan bunga seruni ini setelah berumur 4-5 bulan setelah tanam. Tentunya jika anda melakukan cara-cara diatas dengan baik dan benar anda bisa dipastikan akan mendapatkan hasil bunga seruni yang begitu menarik.

Otomatis dengan kualitas bunga seruni yang baik dan sempurna akan memberikan nilai jual yang lebih baik lagi. Itu tentu saja akan memberikan keuntungan besar bagi anda sebagai pembudidayanya. Nah kiranya itu dulu informasi yang bisa kami bagikan semoga ulasan mengenai cara menanam bunga seruni diatas bisa bermanfaat.

Baca :  8 Cara Menanam Anggrek Hidroponik Yang Mudah