10 Cara Menanam Bunga Asoka Agar Cepat Tumbuh

Cara Menanam Bunga Asoka – Ada banyak sekali jenis bunga hias yang bisa kita temui untuk mempercantik halaman ataupun taman yang ada di rumah. Selain bunga anggrek, ternyata ada satu jenis bunga hias yang memiliki daya tarik cukup besar bagi sebagian besar orang. Bunga tersebut bernama “Bunga Asoka” yang ternyata juga merupakan salah satu jenis bunga hias yang memiliki banyak sekali penggemar.

Keelokan dan kecantikan bunga Asoka mampu memberikan warna tersendiri pada halaman rumah anda karena memang keindahan dari jenis bunga hias yang satu ini tidak kalah dari jenis bunga hias lainnya. Bunga Asoka yang di kenal dengan nama latin Saraca Indica ini merupakan jenbis bunga hias yang sedikit untuk karena umumnya bunga ini tumbuh secara bergerombol.

Selain itu, bunga ini pun memiliki bentuk yang berbeda bila di bandingkan dengan bunga lainnya, dan juga memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh seperti menjadi obat wasir, obat luka memar, obat keram betis, dan juga dapat melancarkan haid. Hal tersebutlah yang menjadi pemicu banyak orang ingin merawat dan menanamnya karena memang cara menanam bunga Asoka ini tergolong sangat mudah.

Dengan semua kelebihan yang di miliki bunga Asoka seperti diatas kami sampaikan, ternyata jenis tanaman hias yang satu ini tidak memiliki keharuman seperti bunga hias lain seperti bunga mawar, ataupun bunga melati. Meski begitu di Indonesia tetap saja banyak orang yang merawat dan menanamnya. Oleh karena itu bagi anda yang tertarik membudidayakan bunga Asoka, berikut adalah cara menana bunga Asoka agar cepat tumbuh lebat.

Cara Menanam Bunga Asoka Agar Cepat Tumbuh

Cara Menanam Bunga Asoka Terbaru

Cara Menanam Bunga Asoka Terbaru

Ciri-Ciri Bunga Asoka

Jika anda belum pernah melihat bunga asoka memang akan mengira bahwa bunga tersebut bukanlah jenis bunga hias yang dapat kita budidayakan. Namun bagi sebagian besar orang yang sudah mengetahuinya tentu saja ini bisa menjadi salah satu mata pencaharian mereka karena nilai jual dari bunga asoka sendiri cukup baik. Untuk itu bagi anda yang belum mengetahui bunga asoka, berikut kami sampaikan beberapa cici-cici bunga asoka.

  1. Mempunyai batang tegak serta memiliki pohon bulat berkayu
  2. Kemudian pada sistem percabangannya adalah simpodial dengan warna putih krem
  3. Memiliki daun tunggal dengan bentuk tulang menyirip dan umumnya memiliki daun berbentuk lonjong dengan pangkal yang lebih meruncing
  4. Umumnya jenis bunga Asoka ini memiliki warna merah terang, merah muda, dan juga oranye
  5. Memiliki akar tunggal dan memiliki warnanya kecoklatan
  6. Bunganya majemuk dan berkelamin dua dengan kelompok hampir berbentuk corong
  7. Alat kelamin jantannya (benang sari) sebanyak empat dengan bagian kepala sarinya melekat di mahkota
Baca :  Cara Menanam Bunga Anggrek Cattleya

Cara Menanam Bunga Asoka

Bunga Asoka

Bunga Asoka

Banyak orang eropa yang menyebut bunga Asoka ini dengan nama Flame of The Wood atau dalam bahasa Indonesianya api dalam hutan. Penyebutan tersebut tidak lain karena warna bunga asoka yang sangat terang dan cerah mencolok menyerupai api. Selain di jadikan sebagai tanaman hias seperti diatas kami sampaikan bunga ini juga menjadi media pengobatan herbal yang cukup baik khasiatnya. Dan berikut adalah cara menanam bunga Asoka agar cepat tumbuh.

1. Pemberian Sinar Matahari

Menjadi salah satu jenis tanaman hias yang cukup apik untuk menhias halaman rumah atau taman, bunga asoka kini sangat mudah kita jumpai karena memang banyak orang yang membududayakannya. Adapun dalam cara menanam bunga asoka ini hal yang paling penting untuk di perhatikan adalah sinar matahari.

Kenapa? Karena tanaman asoka ini merupakan jenis tanaman hias yang sangat menyukai sinar matahari. Dan biasanya apabila tanaman ini kekurangan sinar matahari maka pertumbuhan bunga akan sedikit terhambat dan tentu saja hal ini tidak diinginkan oleh banyak pembudidaya, oleh karena itu bagi anda yang ingin menanamnya perlu di perhatikan hal yang satu ini.

2. Penggunaan Pupuk yang Tepat

Sama seperti cara merawat dan menanan bunga mawar, dalam proses cara menanam bunga asoka anda juga harus memperhatikan pemberian pupuk yang pas dan tepat. Yang dimana kebutuhan pupuk setiap tanaman jelas berbeda-beda kapasitasnya, apabila anda terlalu banyak memberikan pupuk justru akan berdampak buruk karena akan membuat pertumbuhan bunga sedikit terhambat.

Sedangkan pemberian pupuk N yang terlalu banyak atau berlebihan justru hanya akan merangsang pertumbuhan daunnya saja. Oleh karena itu dalam menanam dan merawat bunga asoka yang baik anda harus perlu mempertimbangkan pemberian pupuk yang pas dan sesuai dengan kapasitas dari bunga asoka tersebut.

Baca :  10 Cara Merawat Bunga Mawar Agar Berbunga Lebat

3. Pemilihan Media Tanam yang Sesuai

Cara menanam bunga asoka yang selanjutnya dan yang harus benar-benar anda perhatikan anda media tanam yang harus pada dan sesuai. Dimana jika anda ingin menanamnya di media tanah anda harus memperhatikan unsur pH tanah yang sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan bunga asoka ini.

Degan media tanah yang terlalu asam, akan membuat atau menyebabkan daun dari bunga asoka ini akan menderita korosis atau dalam bahasa mudahnya membuat daunnya menguning. Dan secara otomatis tanaman tidak akan berfotosintesis dengan sempurna yang berakibat tanaman hias ini tidak mau berbunga.

4. Penyiraman

Penyiraman menjadi salah satu cara menanam bunga asoka yang mungkin sangat perlu di perhatikan, karena setiap tumbuhan selain membutuhkan sinar matahari dan juga pupuk untuk keberlangsungan hidup, tanaman juga membutuhkan kadar air untuk menunjang kebutuhan perumbuhannya. Maka dari itu wajib dan perlu untuk anda perhatikan bahwa anda penyiraman yang tepat akan memberikan kesegaran yang lebih terhadap bunga asoka ketika mekar.

Itulah kiranya tips cara menaman bunga asoka yang dapat kami sampaikan semoga bisa menjadi wacana yang menarik dan mudah dipahami serta bisa menjadi referensi bagi anda yang ingin menanam bunga asoka di rumah. Jangan lupa simak pula cara merawat Bunga Aster yang sudah kami sampaikan sebelumnya.

Assign a menu in the Left Menu options.
Assign a menu in the Right Menu options.