7 Cara Menanam Anggrek Dengan Sabut Kelapa, Hasil Maksimal

Cara Menanam Anggrek Dengan Sabut Kelapa – Banyak media tanam yang bisa digunakan untuk menanam tanaman bunga anggrek. Selain menggunakan arang, kamu juga bisa memakai sabut kelapa yang mudah untuk didapatkan.

Dalam proses menanam dan mengolah sabut kelapa sampai bisa menjadi media tanam bibit anggrek tidaklah lama serta sulit. Karena media tanam sabut kelapa memang sudah bagus untuk tanaman anggrek.

Sabut kelapa bisa menjadi pilihan para pecinta tanaman bunga anggrek yang kurang menyukai media tanam menggunakan tanah. Karena untuk penanaman anggrek di sabut kelapa tidak memerlukan tanah serta bisa di gantung ataupun di taruh di rak tanaman anggrek.

Jika dibandingkan dengan media tanaman pot, maka kesan alami lebih bisa didapatkan di media tanam sabut kelapa. Untuk cara menanam anggrek dengan sabut kelapa, bisa kamu simak informasi lengkapnya dibawah ini.

Cara Menanam Anggrek Dengan Sabut Kelapa Biar Hasil Maksimal

Cara Menanam Anggrek Dengan Sabut Kelapa Biar Hasil Maksimal

Penting untuk disimak bahwa langkah-langkah yang kami beritahukan disini harap dipraktekkan semua. Supaya nanti hasil tanaman bunga anggrek kamu lebih bagus dan bunganya cepat mekar.

Persiapan Sabut Kelapa

Persiapan Sabut Kelapa

Sabut kelapa menjadi pilihan yang bagus untuk tanam anggrek supaya hasil bunga anggrek indah. Namun sebelum menanam, kamu harus mempersiapkan dan mengolah sabut kelapa untuk media tanam anggrek yang benar itu seperti apa.

  1. Gunakan sabut kelapa yang umurnya sudah tua
  2. Setelah mendapatkan sabut kelapa yang tua, maka rendam selama 6 jam hal ini bertujuan untuk menghilangkan zat tanin yang ada di dalam sabut kelapa
  3. Selanjutnya rendam lagi menggunakan fungisida hal ini untuk mencegah adanya jamur yang nantinya muncul di media tanam sabut kelapa tersebut
  4. Kemudian baru angkat sabut kelapa, keringan dan tiriskan menjadi bagian-bagian yang kecil.

Memilih Bibit Anggrek

Memilih Bibit Anggrek

Sekarang kamu sudah memiliki media tanam sabut kelapa, tinggal memilih bibit anggrek yang bagus untuk ditanam di sabut kelapa itu seperti apa. Disini anggrekmania.com akan menjelaskan soal bibit anggrek yang cocok untuk ditanam di media sabut kelapa.

  1. Pilihlah bibit anggrek yang sehat dengan daun yang segar
  2. Pada bagian batangnya tidak ada cacat
  3. Batang anggrek kokoh
  4. Bibit anggrek masih muda jangan menggunakan bibit anggrek yang sudah tua atau berbunga

Cara Menanam Anggrek Dengan Sabut Kelapa

Cara Menanam Anggrek Dengan Sabut Kelapa

Media tanam sabut kelapa dan bibit anggrek yang bagus sudah kamu punya. Tinggal melakukan cara tanam bunga anggrek di media tanam sabut kelapa, langkah-langkahnya bisa kamu simak dibawah ini.

  1. Silahkan lilitkan sabut kelapa yang sudah dipotong itu, sepotong demi sepotong ke bibit anggrek yang sudah kami pilih sampai ketebalan media sudah dirasa cukup
  2. Atau kalau kamu ingin di taruh di pot maka silahkan taruh sabut kelapa yang dipotong ke dalam pot
  3. Kuatkan media tanam sabut kelapa yang sudah digabungkan dengan bibit anggrek dengan pengikat dari tali rafia ataupun besi bendrat
  4. Silahkan taruh bibit anggrek yang ditanam di sabut kelapa itu di tempat yang dapat cahaya

Perawatan Tanaman Anggrek di Media Sabut Kelapa

Perawatan Tanaman Anggrek di Media Sabut Kelapa

Setelah berhasil menanam bunga anggrek di sabut kelapa. Maka tinggal kamu pelajari cara merawat bunga anggrek di media tanam sabut kelapa.

  1. Penyiraman dilakukan pada pagi hari dan sore hari menyesuaikan dengan kondisi cuaca serta lingkungan
  2. Pemukan dilakukan pada 30 HST, bisa gunakan puput NPW Slow Release langsung ke media tanam dan pupuk Gromore diberikan 3 minggu sekali dengan dosis 5 gram per liter saja
  3. Jika tanaman anggrek terkena hama atau penyakit maka gunakan fungisida sebulan sekali dengan dosis 5 gram per liter
  4. Media tanam sabut kelapa wajib untuk diganti 6 bulan sekali supaya tanaman anggrek bisa tumbuh maksimal.

Cara menanam anggrek dengan sabut kelapa memang sangat mudah sekali untuk dipraktekkan, buat pecinta anggrek wajib juga belajar CARA MENANAM ANGGREK DI POT GANTUNG. Supaya kebun anggrek di rumah lebih terkesan menyejukkan.

You May Also Like

About the Author: ari