13 Cara Menanam Anggrek Bulan dengan Mudah

Cara Menanam Anggrek Bulan – Untuk para pecinta tanaman bunga anggrek tentunya sudah tidak asing lagi ketika anda mendengar nama “Anggrek Bulan” kan? merupakan salah satu jenis tanaman hias yang memiliki nilai jual cukup tinggi dan menjadi primadona bagi sebagian besar orang yang suka akan tanaman hias untuk mempercantik halaman rumahnya, keberadaann bunga anggrek juga bisa menjadi tontonan yang indah ketika tanaman bungan hias ini mulai mekar.

Berbeda dari jenis bunga anggrek yang lainnya, untuk anggrek bulan ini biasanya bunga yang mekar memiliki warna yang cerah dan begitu menarik. Akan tetapi umumnya bunga anggrek bulan lebih dominan berwarna putih. Samahalnya dengan tanaman lainnya, ketika kita ingin mendapatkan hasil yang memuaskan dan juga bungan yang banyak maka tidak heran kita juga harus merawat dan juga memperlakukan pohon bunga angrek bulan ini dengan baik dan benar.

Salah satu hal yang perlu di perhatikan agar bunga anggrek bulan ini banyak bermekaran disetiap tangkai yang ada, maka cara menanam anggrek bulan pun harus sesuai dengan prosesdur yang ada, dan biasanya prosesdur-prosesdur tersebut sudah di test oleh sebagian besar orang yng membudidayakan bunga anggrek. Terapi khusus yang di lakukan disaat menanam dan merawat bunga anggrek bulan memang harus dikerjakan dengan baik agar ketika bunga mulai mekar nanti terlihat begitu indah.

Kecantikan dan keindahan bunga anggrek memang sudah tidak perlu di pertanyakan lagi, anggrek bulan atau yang sering disebut dengan nama latin “Phalaenopsis Amabilis” ini bahkan bisa di katakan menjadi salah satu tanaman hias yang banyak di incar para penggila tanaman bunga anggrek untuk di budidayakan atau sekedar untuk menambah hiasan taman di rumah. Harga bunga anggrek bulan pun bisa dikatakan cukup mahal karena memang cara menanam bungan anggrek dan cara merawatnya susah-susah gampang. Untuk anda yang penasaran seperti apa cara menanamnya berikut kami sampaikan tutorialnya.

Cara Menanam Anggrek Bulan dalam Pot dengan Mudah

Cara Menanan Anggrek Bulan

Cara Menanam Anggrek Bulan

1. Memilih Bibit Bunga Anggrek

Cara menanam anggrek bulan yang baik dan benar menjadi salah satu faktor penentu keberhasilan kita dalam membudidayakan jenis bunga anggrek yang cukup indah ini. Namun permasalahan bungan anggrek bulan yang mungkin tidak cepat berbunga bahkan mati mungkin dikarenakan pemilihan bibit yang tidak sehat. Maka dari itu untuk mendapatkan hasil yang sempurna salah satu faktor paling penting ketika kita ingin membudidayakan bunga anggrek bulan adalah dengan memilih bibit yang unggul, baik, dan sehat.

Baca :  Tips dan Cara Budidaya Bunga Anggrek Yang Benar

Pemilihan bibit bunga anggrek di awal yang baik dan benar adalah dengan memilih bibit yang telah berusia 1 tahun serta telah memiliki cukup banyak akar dan daun yang lebat. Dengan kita melihat kriteria tersebut besar kemungkinan kita untuk bisa mendapatkan hasil yang begitu sempurna, tentunya tidak terlepas dari tambahan pupuk kompas ataupun pupuk organik yang kita berikan untuk menunjang keberlangsungan hidup dari bunga anggrek bulan tersebut secara sempurna.

2. Atur Ketinggian Pot Anggrek

Tidak saja hanya memerlukan kondisi lingkungan yang cocok untuk menanam bungan anggrek bulan, penempatan bungan anggrek bulan pada pot juga harus sesuai dengan apa yang sudah seharunya. Dan biasanya penempatan bibit pohon bunga anggrek pada pot setidaknya harus memperhatikan ketinggian potnya. Berdasarkan keiggian lokasi tanam anggrek bulan setidaknya terdapat 3 jenis yang harus di perhatikan yaitu sekitar 1001 MDPL jika anda berada di daerah yang tinggi. Ketingian ini cocok untuk jenis anggrek Cymbidium dan anggrek Miltonia.

Namun apabila kalian berada di daerah yang rendah cukup tanam bunga anggrek bulan ini pada ketinggian 500 sampai 1000 MDPL. Ketinggian ini sangatlah cocok untuk jenis bunga anggrek Dendrobium, Oncidium atau Cattleya. Sedangkan untuk cara menanam anggrek bulan yang baik dan benar biasanya harus di tanam pada ketinggian 500 MDPL, dan jenis yang paling cocok adalah anggrek bulan atau , Vanda dan Arachnis.

3. Tanam di Tempat Yang Layak

Meski hidupnya yang selalu menempel pada pohon lain, namun dalam proses pembudidayaan atau hanya sekedar menanamnya di rumah, kita juga harus mempertimbangkan media atau tempat bunga anggrek bulan tersebut hidup. Maka dari itu cara menanam anggrek bulan juga harus dilihat dari kondisi dan posisi media tanamnya. Dengan memilih media yang tepat tentu saja akan memberikan dampak yang sangat posisif sehingga keberlangsungan hidup bunga anggrek ini akan sangat sempurna.

Dengan pertumbuhan bungan anggrek yang tidak memperlukan sinar matahari banyak atau hanya membutuhkan sekitar 20% saja setiap harinya, maka untuk mendapatkan hasil yang maksimal, anda bisa menempatkan bibit bunga anggrek bulan ini pada tempat yang terduh atau di tempat yang tidak terkena paparan cahaya matahari langsung seperti di bawah pohon atau di gantung di atap teras rumah. Suhu yang cocok untuk membuat bunga anggrek bulan tumbuh sesuai dengan apa yang kita harapkan adalah 30 derajat celcius pada siang hari dan 23 derajat celcius pada malam hari.

4. Perhatikan Anggrek dari Daunnya

Perhatikan Anggrek dari Daunnya

Perhatikan Anggrek dari Daunnya

Cara menanam anggrek bulan agar berhasil tentunya tidak mudah, namun untuk mengindikasikan bahwa kondisi bungan tersebut dalam keadaan sehat juga bisa dilihat dari kondisi daunya. Yang dimana apabila daun bunga anggrek bulan ini berwarna hijau, maka itu bisa di artikan tanaman mendapatkan intensitas cahaya matahari yang cukup. Namun sebaliknya apabila daun berwarna hijau tua, maka tanaman tersebut bisa di katakan kekurangan sinar matahari. Dan jika daun berwarna kecoklatan maka berarti anggrek bulan tersebut mendapatkan intensitas cahaya matahari yang belebih.

Baca :  40 Jenis Bunga Anggrek Beserta Cara Menanam dan Merawat

5. Menjaga Suhu Kelembaban Anggrek Bulan

Dalam hidupnya, bunga anggrek lebih suka dengan tempat yang kering, akan tetapi kadar kelembaban juga ternyata menjad penentu keberlangsungan hidupnya. Maka dari itu, cara menanam anggrek bulan yang paling tepat adalah dengan terus menjaga suhu kelembaban yang ada disekitar. Dan biasanya kelembabab yang maksimal berada di kisaran 70%. Hal tersebut bisa di dapat dengan penyiraman yang rutin. Namun anda juga harus memperhatian media tanam agar tidak terlalu basah karena justru akan membuat pohon membusuk karena jamur.

6. Menjaga Aliran Sirkulasi Udara

Hembusan angin yang tidak terlalu kencang membuat perumbuhan tanaman bunga anggrek bulan ini begitu cepat dan akan memberikan dampak yang cukup sempurna disaat bunga mulai bermekaran. Oleh karena itu jika kalian bertanya bagaimana cara menanam anggrek bulan yang baik, maka sebaiknya perhatikan juga tempat tanam yang akan anda gunakan apakah hembusan angin terlalu kencang atau tidak.

7. Waktu Penyiraman juga Harus Tepat

Meski harus mendapatkan perawatan yang super ekstra namun anda tidak boleh memberi kadar air pada media tanam dengan berlebihan. Maka dari itu cara menanam anggrek bulan yang tepat juga harus memperhatikan waktu atau durasi penyiraman. Yang dimana waktu yang tepat untuk menyiram sebaiknya dilakukan 2-3 kali sehari disaat udara sedang panas. Untuk proses penyiramannya juga harus tepat yakni langsung di arahkan pada bagian akarnya saja dan tentunya gunakanlah air bersih.

8. Atur Jumlah Nutrisi

Penggunaan pupuk yang berlebih justru akan dapat membuat pohon anggrek bulan cepat mati. Maka kami sarankan untuk anda tetap bisa memberikan jumlah nutrisi yang tepat dalam proses penanaman bungan anggrek tersebut. Adapun pemupukan yang bak dan benar bisanya menggunakan pupuk yang mengandung kalsium (Ca), Phospor (P), dan juga Kalium (K). Waktu pemupukan yang tepat biasanya di lakukan setidaknya 2 minggu sekali. Cara memberikan pupuknya pun bisa di lakukan dengan cara dilarutkan dan siramkan pada bagan agar atau juga dengan menggunakan sprayer.

Baca :  Cara Menanam Anggrek di Pot Gantung dan Arang

9. Jauhkan Anggrek dari Hama Dan Penyakit

Hal terpenting untuk bisa mendapatkan hasil bunga yang mekar begitu cantik, anda juga harus memperhatikan hama dan penyakit yang bisa menyerang kapan saja pada tanaman bunga anggrek bulan ini. Maka dari itu, dlam cara menanam anggrek bulan yang baik dan benar juga sebaiknya harus memberikan penyemprotan cairan insektisida dan fungisida setiap minggunya dan dilakukan hanya satu kali saja pada sore hari.

10. Akar Bibit Bunga Anggrek

Akar Bibit Bunga Anggrek

Akar Bibit Bunga Anggrek

Cara menanan anggrek bulan selanjutanya adalah dengan memperhatikan akarnya. Apabila anda mulai melihat akar yang mulai menyembul keluar tanah didalam pot, jangan pernah kalian memasukan akar-akan tersebut kembali kedalam pot. Hal terseut biasanya justru akan membuat tanaman tidak sehat. Namun sebaiknya anda pindahkan ke media atau pot yang memiliki ukuran lebih besar.

11. Batang Bunga Anggrek

Selanjutnya cara menanam anggrek bulan agar mendapatkan hasil yang lebih sempurna daalah denga memperhatikan batang bunga anggrek yang tumbuh. Dimana biasanya disetiap phonnya akan ada beberpa batang yang menjulai tinggi dan mengakibatkan batang-batang yang lain tidak tumbuh dengan sempurna. Maja dari itu agar batang lain bisa tetap tumbuh sempurna, silahkan anda berikan penyangga, tujuannya agar tidak mudah roboh.

12. Menempatkan Pada Suhu Yang Tepat

Cara merawat bunga anggrek yang baik dan tepat tentunya akan memberikan hal yang posaitif pada pertubungannya Maka dari itu ketika anda ingin mengetahui cara menanam anggrek bulan yang sempurna, pastikan juga anda menanamnya di tempat yang memiliki suhu yang tepat. Yang dimana untuk suhuyang baik berada pada kisaran 1 derajat celcius hingga 36 derajat celcius.

13. Cara Memindahkan Anggrek

Hasil yang sempurna dari perawtan pohon anggrek bulan memang akan memberikan hasil yang cukup sempurna. Namun apabila kalian ingin memindahkan dari media satu ke media tanam lainnya jangan pernah memindahkannya secara sembarangan. Dimana untuk memindahkannya sebelum adna mencabut bibit bunga anggrek bulan tersebut, siapkan pot kosong terlebih dahulu dan mulailah memidahkannya. Lalu jangan lupa siapkan juga media tanam lain seperti pakis cincang atau yang lainnya sebagai tempat untuk menempelnya.

Dengan memperhatikan cara-cara menanam anggrek bulan diatas tentu saja anda bisa mendapatkan hasil yang sangat memuaskan. Maka dari itu apabila anda ingin menanam bungan anggrek bulan silahkan ikuti panduan atau cara menanam anggrek bulan diatas. Kiranya sekian dan semoga infomasi diatas bisa menjadi referensi yang cukup menarik dan bermanfaat.