12 Tips Budidaya Tanaman Hias Bagi Pemula

Budidaya Tanaman Hias Bagi Pemula – Tanaman hias memiliki banyak sekali jenis yang dapat kita tanaman sebagai penghias halaman rumah dan juga di dalam rumah. Tanaman hias juga terbagi menjadi beberapa kategori, seperti tanaman hias gantung, tanaman hias halaman rumah dan juga tanaman hias pembersih udara serta masih banyak lagi jenis tanaman hias yang memiliki manfaat ketika ditanam. Nah pada pembahasan kali ini kami akan membahas mengenai tips budidaya tanaman hias bagi pemula yang mudah.

Seperti yang sudah kita singgung di paragraf atas bahwa tanaman hias terbagi menjadi beberapa kategori, nah salah satunya adalah tanaman hias halaman rumah. Dimana halaman rumah memang salah satu tempat yang cocok untuk kita memajang atau menanam beberapa tanaman hias agar halaman rumah terlihat lebih menarik dan sejuk ketika dipandang. Maka dari itu bagi kalian yang memiliki halaman rumah dan ingin menanam beberapa tanaman hias alangkah baiknya untuk memperhatikan cara perawatan tanaman tersebut.

Budidaya tanaman hias bagi pemula dapat dilakukan dengan cukup mudah, dimana kalian hanya perlu melakukan perawatan utama seperti menyirami tanaman tersebut dan juga usahakan meletakan tanaman hias dalam pot di tempat yang terkena sinar matahari. Akan tetapi tidak semua tanaman memerlukan sinar matahari penuh atau ekstra, disini kalian juga harus belajar mengenai pengetahuan beberapa jenis tanaman hias yang wajib terkena sinar matahari dan yang minim terkena sinar matahari.

Selanjutnya kalian juga dapat memilih jenis tanaman hias yang membutuhkan perawatan mudah, contohnya kaktus, bunga matahari, dan beberapa bunga lain yang mudah perawatannya. Baiklah daripada penasaran lebih baik langsung saja kita simak ulasan mendalam mengenai tips budidaya tanaman hias bagi pemula yang mudah berikut ini.

Baca :  10 Teknik Budidaya Tanaman Hias yang Wajib Diketahui

Tips Budidaya Tanaman Hias Bagi Pemula

Tips Budidaya Tanaman Hias Bagi Pemula

Tips Budidaya Tanaman Hias Bagi Pemula

1. Pemilihan Jenis Tanaman Hias yang Akan Dibudidayakan

Sebelumnya, alangkah baik jika kalian mengetahui beberapa hal mengenai pemilihan jenis tanaman hias yang akan dibudidayakan terlebih, dan hal tersebut antara lain seperti berikut ini.

  • Untuk jenis tanaman hias seperti anggrek dan mawar kalian tetap bisa mengunakannya sebagai jenis tanaman yang akan dibudidayakan.
  • Untuk jenis tanaman seperti bonsai kalian juga dapat menambahkannya sebagai koleksi.
  • Jenis tanaman berdaun hijau seperti anthurium juga dapat kalian masukan ke dalam daftar.
  • Dan yang saat ini sedang hits dan trend serta diprediksi akan terus menjadi trend adalah jenis tanaman sukulen.
  • Selain beberapa tanaman diatas, kalian juga bisa menambahkan kedalam daftar jenis tanaman yang biasa digunakan untuk taman di halaman rumah.
  • Sebab tanaman ini relatif cukup banyak dicari dan populer sebagai tanaman yang digunakan oleh taman.

2. Pemeliharaan dan Perawatan Tanaman Hias

Tips budidaya tanaman hias bagi pemula yang selanjutnya adalah mengenai manajemen pemeliharaan dan perawatan tanaman hias. Ada beberapa hal yang wajib kita ketahui dalam hal ini, antara lain adalah sebagai berikut.

  • Penyiraman

Penyiraman ini merupakan bagian terpenting dalam sebuah perawatan tanaman hias. Maka dari itu kalian para pemula wajib menyirami tanaman hias yang kalian tanaman agar nantinya dapat tumbuh subur dan segar. Penyiraman dapat dilakukan setiap pagi dan sore hari dengan menggunakan air bersih.

  • Pemupukan

Lalu pemupukan juga merupakan bagian penting dalam hal perawatan. Hal ini bertujuan agar tanaman atau bunga hias yang kalian tanam dapat cepat berbunga. Selain itu juga dapat menjaga kesuburan media tanam yang digunakan.

  • Pemangkasan
Baca :  18 Cara Merawat Anggrek Agar Subur dan Berbunga

Pemangkasan ini juga perlu dilakukan terhadap tanaman hias daun dan berbunga. Pemangkasan juga dilakukan untuk menjaga estetika dan nilai indah dari tanaman tersebut karena akan mempengaruhi nilai jual dari tanaman tersebut.

3. Penanggulangan Hama dan Penyakit

Tips budidaya tanaman hias bagi pemula yang ketiga adalah mengenai manajemen penanggulangan hama dan juga penyakit dari tanaman tersebut. Hal ini sangatlah penting karena dapat meminimalisir kegagalan panen akibat hama dan juga penyakit yang menyerang tanaman hias yang kita miliki. Selain penyemprotan menggunakan fungisida dan insektisida, kalian juga dapat menjaga lingkungan agar lebih bersih dan sanitasi serta menjaga kelembaban lingkungan.

Nah itulah beberapa tips budidaya tanaman hias bagi pemula yang mudah. Ada beberapa tips yang dapat kalian pelajari diatas dan terapkan ketika melakukan bisnis jualan tanaman hias. Baiklah mungkin hanya ini saja yang dapat kami sampaikan mengenai tips budidaya tanaman hias bagi pemula yang mudah. Semoga artikel diatas dapat bermanfaat bagi kalian semua. Sekian dari kami dan terima kasih atas perhatiannya.

Assign a menu in the Left Menu options.
Assign a menu in the Right Menu options.