8 Bagian Bagian Bunga Anggrek Terlengkap

Bagian Bagian Bunga Anggrek – Seperti kita ketahui bahwa bunga Anggrek adalah salah satu bunga terindah di Dunia yang telah tersebar di berbagai penjuru Dunia, salah satunya adalah Indonesia. Di Indonesia sendiri Anggrek memiliki beberapa jenis, seperti Anggrek Hartinah, Anggrek Bulan dan masih banyak lagi jenis Anggrek lainnya yang dapat kita jumpai. Disamping memiliki keindahan dan aromanya yang khas, bunga Anggrek juga memiliki harga jual yang terbilang lumayan tinggi dengan melihat jenis dan warna bunganya.

Nah pada pembahasan kali ini kami akan membahas mengenai bagian bagian bunga Anggrek yang wajib diketahui sebagai pengetahuan. Sebelum berlanjut ke pembahasan utama, kami akan membahas sedikit mengenai manfaat bunga Anggrek yang baik untuk kesehatan. Salah satunya adalah sebagai pengharum ruangan, sebagai penyembuh sakit gigi dan telinga, menunda terjadinya penuaan diri, mengatasi gangguan fungsi otak dan yang terakhir adalah sebagai penghilang rasa stres.

Namun masih ada beberapa orang yang masih belum paham betul manfaat dari bunga Anggrek ini, dimana mereka lebih menyukai tanaman ini sebagai tanaman hias. Perawatan bunga Anggrek juga tergolong bervariasi, ada yang mudah dan ada juga yang susah atau dalam artian butuh perawatan khusus. Berlanjut ke pembahasan utama yakni mengenai bagian bagian bunga Anggrek, bagian bunga Anggrek ini terbagi menjadi 8 bagian, dan kedelapan bagian itu sendiri juga memiliki definisi yang berbeda-beda.

Bagian bagian tersebut antara lain adalah, Labellum, Bunga, Sepal, Petal, Gynostenium, Buah, Daun, Batang dan Akar. Nah daripada penasaran lebih baik langsung saja kita simak ulasan mendalam mengenai informasi bagian bagian bunga Anggrek terlengkap berikut ini.

Bagian Bagian Bunga Anggrek Terlengkap

Bagian Bagian Bunga Anggrek

Bagian Bagian Bunga Anggrek

1. Labellum

Bagian bagian bunga Anggrek yang pertama adalah Labellum. Labellum ini merupakan bagian yang paling unik karena memiliki bentuk dan juga warna yang beragam di setiap jenis Anggrek. Disamping itu Labellum juga berfungsi sebagai daya tarik lebah untuk menghisap madu yang mana kita ketahui bahwa hal tersebut dapat membantu terjadinya penyerbukan. Selain itu bunga Anggrek juga memiliki Collum yang merupakan tempat kedudukan kelamin jantan dan betina.

Baca :  7 Cara Menanam Tanaman Hias Gantung Mudah dan Cepat

2. Sepal

Lalu selanjutnya adalah Sepal. Sepal ini merupakan pelindung bunga terluar ketika bunga masih berbentuk kuncup atau belum mekar. Bunga Anggrek sendiri memiliki 3 helai Sepal yang akan terbuka jika bunga mulai mekar. Ketiga Sepal umumnya memiliki bentuk yang sama. Untuk Sepal bagian atas disebut dengan Sepallum Dorsale dan kedua Sepal lainnya disebut dengan Sepallum Lateralia.

3. Petal

Bagian bagian bunga Anggrek yang ketiga adalah Petal. Ketika bunga masih kuncup, Petal ini terbungkus oleh Sepal. Ketiga Petal ini dinamakan dengan daun mahkota, lalau kedua Petal yang berada paling atas memiliki bentuk yang sama, sedangkan Petal yang ketiga berlainan yang umumnya disebut dengan Labellum. Dan perlu kalian ketahui bahwa setiap bunga Anggrek memiliki Labellum yang berbeda-beda.

4. Gynostenium

Selanjutnya adalah Gynostenium. Bagian ini merupakan bagian yang merupakan ciri kha dengan bentuk Gynaecium atau putik bersatu dengan benang sari. Bentuk Gynaecium dan benang sari juga merupakan satu kesatuan yang disebut dengan Gynostenium.

5. Buah

Bagian bagian bunga Anggrek yang kelima adalah Buah. Buah Anggrek juga merupakan capsular yang terbelah menjadi 6 dan biji di dalam buah juga cukup banyak. Biji Anggrek tersebut tidak memiliki endosperm atau cadangan makanan seperti biji tanaman lainnya. Cadangan makanan tersebut diperlukan ketika pertumbuhan awal biji, maka dari itu untuk pertumbuhannya dibutuhkan gula dan senyawa lain dari luar atau lingkungan sekitar.

6. Daun

Kemudian juga ada Daun. Seperti kita ketahui bahwa setiap bunga Anggrek ini memiliki bentuk daun yang bervariasi, mulai dari memanjang bulat hingga bulat panjang. Anggrek juga merupakan tanaman monokotil yang memiliki tulang daun yang berbentuk jala menyebar namun tulang daun sejajar dengan helai daun.

Baca :  10 Tanaman Hias Gantung Tercantik & Terindah

7. Batang

Bunga Anggrek ini dibedakan menjadi 2, yakni Monopodial dan Simpodial. Dimana keduanya juga memiliki bentuk batang yang berbeda, dimana pada Monopodial ini memiliki batang tunggal atau satu sumbu utama yang berarti pertumbuhan ujung batang tumbuh lurus dan tidak terbatas. Sedangan untuk Simpodial ini memiliki batang yang tidak terbatas atau dengan kata lain batang akan tumbuh terus menerus dan akan berhenti jika pertumbuhan batang telah mencapai batas maksimum.

8. Akar

Dan bagian bagian bunga Anggrek yang terakhir adalah Akar. Akar Anggrek biasanya lunak dan mudah patah dan memiliki ujung yang runcing, licin serta lengket. Akar Anggrek memiliki lapisan filamen yang memiliki sifat spongy atau berongga. Dibawah lapisan ini juga terdapat lapisan yang mengandung klorofil.

Nah itulah beberapa pembahasan mengenai bagian bagian bunga Anggrek terlengkap. Semoga artikel yang kami sampaikan dapat bermanfaat bagi kalian semua. Sekian dari kami dan terima kasih.

Assign a menu in the Left Menu options.
Assign a menu in the Right Menu options.