Anggrek Tanah Mulai dari Khasiat, Jenis dan Cirinya

Anggrek Tanah Anggrek Tanah – Sebelumnya kita sudah membahas mengenai cara merawat bunga Anggrek, cara menanam Anggrek dan juga membahas berbagai macam jenis bunga Anggrek yang ada di Indonesia. Nah pada pertemuan kali ini kami akan membahas mengenai Anggrek Tanah mulai dari khasiat, jenis dan juga ciri-cirinya. Berbicara mengenai tanaman Anggrek memang tidak ada habisnya, kalian juga pastinya sudah mengetahui jika Anggrek merupakan tanaman yang sudah banyak tersebar di seluruh kepulauan Indonesia.

Mulai dari pulau Sumatera, Jawa, Papua, Kalimantan dan masih banyak lagi lainnya. Kembali ke pembahasan utama mengenai Anggrek Tanah, tanaman hias yang memiliki bunga indah ini merupakan salah satu Anggrek yang memiliki nama latin Phaius tankerviluae. Karakteristik Anggrek Tanah ini adalah menyukai tanah yang lembab dan tumbuh di hutan atau liar. Namun saat ini sudah banyak yang membudidayakan Anggrek yang satu ini karena cukup prospek untuk pasar tanaman hias di Indonesia ini, jadi tidak heran tumbuhan banyak dijumpai di beberapa toko tanaman hias.

Anggrek Tanah Mulai dari Khasiat, Jenis dan Cirinya

Anggrek Tanah Mulai dari Khasiat, Jenis dan Cirinya

Anggrek Tanah Mulai dari Khasiat, Jenis dan Cirinya

Ada beberapa tanaman Anggrek yang memiliki khasiat, mulai dari Anggrek Hitam Papua, Anggrek Hitam Kalimantan dan masih banyak lagi tanaman hias yang memang berkhasiat untuk menyembuhkan penyakit. Sama halnya dengan Anggrek jenis Tanah yang satu ini. Selain itu jenis dari tanaman ini juga cukup banyak, nah daripada penasaran lebih baik langsung saja kita simak ulasan mengenai Anggrek jenis Tanah mulai dari khasiat, jenis dan cirinya yang telah kami siapkan berikut ini.

1. Khasiat Anggrek Tanah

Berbicara mengenai khasiat dari tanaman Anggrek yang satu ini, banyak sekali khasiat yang dimiliki oleh Anggrek Tanah. Bukan hanya Anggrek Hitam saja yang memiliki khasiat menyembuhkan atau meredakan setiap penyakit. Anggrek jenis tanah ini memiliki umbi yang memiliki khasiat mujarab karena didalamnya terkandung antrakinon, saponin dan juga polifenol yang mampu melancarkan peredaraan darah, obat batuk dan juga kulit bengkak.

Baca :  40 Jenis Bunga Anggrek Beserta Cara Menanam dan Merawat

Resep yang digunakan juga cukup sederhana, untuk menyembuhkan batuk kalian dapat merebus 30 gram umbi segar dengan air 1 gelas hingga tersisa 1 1/2 gelas, saring dan kemudian diminum habis. Dan untuk kulit bengkak kalian dapat menumbuk 30 gram umbi segar yang sudah dicuci lalu bubuhkan pada bagian yang bengkak dan kemudian ikat dengan perban.

2. Jenis-jenis Anggrek Tanah

Jenis Anggrek Tanah

Jenis Anggrek Tanah

Anggrek yang satu ini juga termasuk dalam kategori tanaman Anggrek yang cukup mudah untuk di budidayakan dan perawatannya pun sangat gampang. Hal ini karena Anggrek ini lebih suka ditaman ditempat terbuka yang dapat menerima sinar matahari secara langsung. Perlu kalian ketahui juga bahwa Anggrek Tanah memiliki jenis yang bermacam-macam, seperti apa saja jenisnya langsung saja kita simak dibawah ini.

  • Vanda Goglas – Tinggi 60 cm
  • Emma – Tinggi 60 cm
  • Gimstori/Kalajengking Merah – Tinggi 60 cm
  • Magiewi/Kalajengking Kuning – Tinggi 60 cm
  • Glosen – Tinggi 50 cm

Jenis anggrek diatas memiliki tinggi yang hampir sama, hanya saja untuk jenis Glosen hanya mampu mencapai tinggi 50 cm saja. Seperti yang sudah kami bahas diatas bahwa tanaman yang satu ini sangatlah mudah dirawat dan ditanam.

3. Ciri-ciri Anggrek Tanah

Ciri-ciri Anggrek Tanah

Ciri-ciri Anggrek Tanah

Setelah tadi kita membahas mengenai Jenis dan juga khasiat dari tanaman Anggrek jenis tanah yang satu ini, dan yang terakhir kita akan membahas mengenai ciri-ciri dari Anggrek tanah yang satu ini. Seperti apa ciri-cirinya simak berikut ini.

  • Batang

Ciri yang pertama adalah batang. Dimana batang tanaman anggrek memiliki tipe anggreksimpodial dan monopodial. Pada umumnya tanaman anggrek terestik memiliki batang yang pendek dan beruas hampir mirip seperti umbi.

  • Akar

Kemudian pada bagian akar memiliki akar dengan lapisan velamen dan berongga. Lapisan tersebut juga digunakan untuk menyerap air yang jatuh dari kulit pohon atau media tanam. Bentuk dari akar anggrek epifit ini memiliki serabut yang cukup pendek dan ada juga yang tidak berserabut. Dan sedangkan untuk jenis terrestrial memiliki rambut akar yang panjang dan rapat yang berguna menyerap zat organik dan air dari tanah.

  • Warna Bunga

Untuk ciri yang selanjutnya, bunga anggrek tanah ini memiliki daun yang memiliki warna bervariasi, mulai dari ungu tua, ungu muda, merah ungu, pink, orange, cokelat dan juga putih.

Baca :  Anggrek Jamrud, Bunga Sangat Indah Dan Langka

Nah itulah pengetahuan mengenai Anggrek Tanah Mulai dari khasiat, jenis dan cirinya. Ada beberapa jenis tanaman Anggrek tanah ini yang mana tergolong dalam jenis tanaman hias yang mudah cara perawatannya. Baiklah mungkin hanya ini saja yang dapat kami sampaikan, semoga artikel ini bermanfaat bagi anda semua, sekian dari kami dan terima kasih atas perhatiannya.