Anggrek Selop : Ciri-Ciri, Cara Merawat, Harga Bibit

Anggrek Selop – Anggrep Selop merupakan salah satu jenis anggrek yang berasal dari Jawa Timur, Indonesia. Dimana habitat Anggrek ini ada di kawasan Gunung Semeru, Lumajang. Karena ekosistem Anggrek ini sudah mulai berkurang, membuat pemerintah setempat menjadikan tanaman bunga yang indah ini menjadi koleksi di Kebun Raya Purwodadi yang berada di kota Pasuruan, Provinsi Jawa Timur.

Berbeda dengan Anggrek Hitam Kalimantan, Anggrek Selop ini mempunyai ciri-ciri 4 helai kelopak yang terbagi dari 2 kelopak utama dan 2 kelopak samping. Anggrek ini juga memiliki 1 labellum yang cukup terlihat jika anda melihat sisi dalam bunga Anggrek ini. Anggrek ini banyak diburu oleh pecinta tanaman bunga Anggrek dikarenakan bentuknya yang unik dan sangat berbeda dari bunga Anggrek lainnya.

Anggrek Selop mempunyai keunikan dari bentuk bibirnya yang menyerupai bentuk bunga Kantung Semar. Dari keunikan ini maka tidak heran jika nama bunga tersebut dinamakan Selop yang artinya mirip dengan bentuk sepatu wanita. Untuk ukuran bunga Anggrek Selop ini sekitar 7,5 cm. Dimana Anggrek tersebut terdapat kelopak punggung yang mempunyai ukuran 3 cm.

Sedangkan untuk ukuran kelopak sampingnya sekitar 5 cm. Lalu untuk ukuran labellumnya sekitar 4,5 cm. Perlu menjadi catatan bahwa daun Anggrek Selop ini bisa tumbuh sampai 30 cm dan batangnya sampai 45 cm. Sisi menarik lainnya bunga Anggrek ini adalah bunganya berbentuk kantong lalu bunganya berwarna ungu.

Apa Itu Anggrek Selop dan Dimana Habitatnya

Apa Itu Anggrek Selop dan Dimana Habitatnya

Apa Itu Anggrek Selop dan Dimana Habitatnya

Buat anda yang pecinta bunga Anggrek pastinya wajib mengetahui apa itu bunga Anggrek Selop beserta ciri-ciri serta habitatnya. Oleh karena itu disini kami akan memberitahukan secara lengkap bunga Anggrek ini disini. Informasinya bisa anda lihat selengkapnya dibawah ini.

Baca :  40 Jenis Bunga Anggrek Beserta Cara Menanam dan Merawat

Ciri-Ciri Bunga Anggrek Selop

  • Kelopak : 4 Helai
  • Ukuran Bunga : 7,5 cm
  • Ukuran Kelopak Punggung : 3 cm
  • Ukuran Kelopak Samping : 5 cm
  • Ukuran Labellum : 4,5 cm
  • Ukuran Daun : 30 cm
  • Ukuran Batang : 45 cm
  • Warna Bunga : Ungu

Habitat Bunga Anggrek Selop

Seperti yang sudah kami beritahukan pada informasi sebelumnya bahwa Anggrek ini habitat aslinya berada di lereng Gunung Semeru, Lumajang, Provinsi Jawa Timur. Jika anda ingin melihat bunga Anggrek ini maka anda bisa berkunjung ke Kebun Raya Purwodadi, Pasuruan. Anggrek Selop bisa tumbuh di daerah yang memiliki ketinggian 450 sampai 770 m dpl. Dimana tempat tumbuhnya bisa diatas tanah ataupun karang.

Foto-Foto Bunga Anggrek Selop

Cara Merawat Bunga Anggrek Selop

Buat yang ingin menanam bunga Anggrek Selop maka anda bisa membeli bibir bunga Anggrek ini di Tokopedia. Harga bibit Anggrek Selop ini sendiri dipasaran sekitar Rp 35 ribuan saja. Jika sudah memiliki bibitnya maka anda tinggal mengetahui bagaimana cara merawat bunga Anggrek tersebut.

1. Pertama siapkan media tanam bisa berupa pot gantung ataupun pot biasa.

2. Pastikan tempat tanamnya tidak langsung terkena matahari.

3. Siram pada waktu pagi hari sekitar jam 7 sampai 9 pagi. Lalu untuk sore hari mulai jam 3 sampai 5 sore.

4. Gunakan pupuk kandang saja agar nantinya tanaman Anggrek ini bisa memunculkan warna bunga yang alami.

Usia Bunga Anggrek Selop

Jika anda ingin menanam bunga Anggrek ini maka anda harus tahu siklus atau usia dari bunga Anggrek ini. Dimana Anggrek ini akan menguncupkan bunganya pada 10 sampai 15 hari. Lalu proses mekarnya sekitar 14 sampai 25 hari sedangkan untuk bunga layunya sekitar 10 hari.

Baca :  Anggrek Dendrobium Ungu : Ciri-Ciri, Cara Merawat, Harga Bibit

Itulah informasi mengenai bunga Anggrek Selop yang wajib untuk diketahui. Tanaman bunga Anggrek ini cocok untuk dijadikan koleksi. Karena keindahannya sama seperti keindahan tanaman bunga Anggrek Larat.

Assign a menu in the Left Menu options.
Assign a menu in the Right Menu options.