Anggrek Pensil : Ciri-ciri, Cara Merawat, Harga Bibit

Anggrek Pensil – Anggrek pensil merupakan salah satu bunga Anggrek yang dikenal juga sebagai Ratu Anggrek. Penobatan sebagai Ratu Anggrek tersebut pertama kali pada tahun 1882 dan pemerintah Inggris pada saat itu juga menghadiahkan “First Class Certificate”. Namun perlu kalian ketahui bahwa bunga ini merupakan bunga yang sudah langka di Indonesia, di habitatnya sendiri yakni di sekitaran Danau Dendam Tak Sudah atau sekitar 2 kilometer dari pusat kota Bengkulu sudah jarang ditemui.

Hal tersebut juga dikemukakan sendiri oleh Koordinator Pengendali Ekosistem Hutan (PEH) Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Bengkulu, Said Jauhari. Anggrek pensil memiliki nama latin Papillionanthe Hookerina yang menjadi bunga Anggrek terindah yang ada di Indonesia, seperti halnya dengan Anggrek Hartinah dan Anggrek Bulan yang ada di tanah air. Anggrek pensil dinyatakan hampir punah juga karena berdasar penelusuran selama 5 tahun terakhir, bunga ini sudah tidak ditemukan lagi di habitat aslinya.

Akan tetapi dari keterangan sejumlah nelayan yang sering menjala ikan di sekitaran danau, masih ada beberapa nelayan yang menemukan Anggrek Pensil yang satu ini yang tumbuh di sekitar tumbuhan bakung. Hal ini tentunya menjadi angin segar, karena kita nantinya masih dapat melihat keindahan bunga Anggrek jenis Pensil ini. Dengan melestarikan kembali bunga Anggrek Pensil nantinya bunga ini dapat berkembang dan hilang dari kata punah, mengingat bunga ini sudah cukup langka di Indonesia.

Untuk mengetahui ciri-ciri dari bunga yang satu ini serta cara merawat yang benar agar tidak punah, lebih baik langsung saja kita simak ulasan mendalam mengenai Anggrek jenis Pensil ciri-ciri, cara merawat dan harga bibit berikut ini.

Baca :  Anggrek Kasut kumis, Bunga yang Sangat Indah

Anggrek Pensil Ciri-ciri, Cara Merawat, Harga Bibit

Anggrek Pensil : Ciri-ciri, Cara Merawat, Harga Bibit

Anggrek Pensil : Ciri-ciri, Cara Merawat, Harga Bibit

Cara Merawat Bunga Anggrek Pensil

Dan berbicara mengenai merawat bunga Anggrek jenis Pensil, seperti kita ketahui bahwa bunga yang satu ini merupakan bunga yang hampir punah. Walaupun begitu masih ada beberapa bunga yang masih tumbuh di habitatnya, dan semoga ada relawan yang mau mengembangbiakan kembali bunga yang satu ini, sehingga kita dapat belajar mengenai cara merawat bunga Anggrek ketika ditanam liar atau ditanam di dalam pot.

Untuk cara merawatnya mungkin sama halnya dengan beberapa bunga Anggrek lainnya seperti Anggrek Bulan, Anggrek Vanda, Anggrek ungu dan lainnya. Sedangkan untuk cara penanamannya juga pastinya dibutuhkan media tanam yang baik dan berkualitas agar bunga ini dapat tumbuh dengan baik.

Ciri-Ciri Bunga Anggrek Pensil

  • Mekar Sampai 22 hari
  • Berukuran Kecil 10-25 cm
  • Bunga berbentuk pensil
  • Memiliki warna yang cerah
  • Tumbuh menumpang pada tanaman

Diatas merupakan ciri-ciri bunga Anggrek Pensil yang dapat kalian ketahui. Dan untuk ciri lainnya yakni memiliki akar hawa dengan bentuk bulat memanjang yang keluar dari buku batang sebanyak satu kali setiap bukunya. Memiliki warna putih suram dan hijau muda pada bagian ujungnya. Bentuk batang  bulat beruas-ruas berukuran 4-5 cm dan tertutup seludang atau upih yang sisinya berdekatan. Lalu cabang yang keluar dari batang berukuran 2,5 cm tingginya. Daun Anggrek Pensil ini memiliki bentuk helaian yang bulan memanjang dan runcing seperti ujung pensil dan memiliki panjang daun 7-13 cm berwarna hijau muda atau sedikit agak tua.

Harga Bibit Anggrek Pensil

Dan berbicara mengenai harga bibit Anggrek yang satu ini sepertinya tidak ada yang menjual benih atau bibit tanaman langka yang satu ini. Jadi jika kalian ingin menanam bunga ini kalian harus bersabar karena bunga ini masih dalam tahap pencarian dan pengembangbiakan agar jauh dari kata punah.

Baca :  40 Jenis Bunga Anggrek Beserta Cara Menanam dan Merawat

Baiklah mungkin hanya ini saja yang dapat kami sampaikan, semoga artikel mengenai Anggrek Pensil Ciri-ciri, cara merawat dan harga bibit dapat bermanfaat bagi kalian semua. Sekian dari kami dan terima kasih atas perhatiannya.

Assign a menu in the Left Menu options.
Assign a menu in the Right Menu options.