Anggrek Kalajengking : Ciri-Ciri, Cara Merawat, Harga Bitit

Anggrek Kalajengking –¬†Membahas seputar bunga anggrek sepertinya tidak akan pernah ada habisnya. Terlebih lagi salah satu jenis tanaman hias ini juga memiliki begitu banyak jenis yang bisa kita bahas setiap saat. Kecantikan dan keindahan dari tiap-tiap jenisnya membuat keberadaan bunga anggrek sangatlah populer di Indonesia. Tidak heran apabila saat ini banyak sekali kita jumpai masyarakat yang membudidayakan bunga ini.

Bukan hanya cantik dan indah, jenis tanaman hias yang satu ini juga memiliki nilai ekonomi yang cukup tinggi, terlebih lagi untuk jenis bunga anggrek kalajengking yang akan kita bahas kali ini. Memiliki nama latin Arachnis flos-aeris, jenis ini mungkin bisa di bilang salah satu yang cukup menarik jika di lihat dari sisi bentuk dan juga corak warnanya.

Berbeda dari bunga anggrek pensil atau anggrek dendrobium ungu. Anggrek kalajengking bisa di katakan merupakan jenis yang memiliki bentuk bunga cukup unik. Hal ini karena bentuk bunganya hampir mirip dengan hewan kalajengking. Yang dimana bagi sebagian besar masyarakat Indonesia juga menamai anggrek ini dengan sebutan anggrek katonggeng.

Dalam pertumbuhannya anggrek ini bisa di bilang mampu tumbuh dengan baik di alam terbuka atau juga di daerah yang sering terkana paparan sinar matahari langsung. Untuk bisa menemukan anggrek ini juga tidaklah sulit karena penyebarannya cukup luas meliputi Sumatra, Jawa, Bali, Kalimantan bahkan hingga ke negeri sebrang yakni Malaysia.

Apa Itu Anggrek Kalajengkin dan Apa Ciri-Cirinya

Anggrek Kalajengking

Selain bentuk dan corak warnanya yang begitu memikat, bunga anggrek kalajengking juga ternyata memiliki dua varian yang cukup terkenal yakni A flos-aeris var gracilis dan A flos-aeris var. Bahkan perlu juga di ketahui bahwa anggrek ini juga masih memiliki kerabat dengan anggrek kalajengkin putih (Arachnis hookeriana), anggrek kalajengking merah (Arachnis maingayi), dan anggrek berbulu leopard (Arachnis celebica).

Hanya saja dari semua jenis anggrek tersebut memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Untuk itu lewat artikel terbaru kali ini akan kami sampaikan secara mendetail mengenai anggrek kalajengking mulai dari ciri-ciri, habitat, karakteristik dan juga cara merawatnya. Jadi silahkan simak hingga akhir pembahasan artikel ini bagi anda yang ingin mengetahuinya lebih detail.

Ciri-Ciri Anggrek Kalajengking

  • Berbatang kuat, dengan tinggi dan memiliki batang berukuran 4-10 cm
  • Daunnya tebal dan berbentuk pita pipih yang memanjang mencapai 35 cm dan lebar sekitar 5 cm
  • Bila di lihat dari bunganya, memang anggrek ini memiliki tampilan seperti kalajengking, lengkap dengan sengat dan juga kaki-kakinya
  • Bunganya tidak tumbuh secara lebat umumnya hanya memiliki tinggi 10 cm hingga 11 cm dengan lebar 7 cm sampai dengan 8 cm
  • Warna bunganya begitu menarik, yakni kuning semu kehijauan dan memiliki lurik coklat gelap serta memiliki aroma yang harum

Klasifikasi Anggrek Kalajengking

  • Kerajaan : Plantae
  • Divisi : Tracheophyta
  • Kelas : Liliopsida
  • Ordo : Asparagales
  • Famili : Orchidaceae
  • Genus : Arachnis
  • Spesies : Arachnis flos-aeris (L.) Rchb.f.
  • Varietas : A. flos-aeris var. gracilis dan A. flos-aeris var

Foto Anggrek Kalajengking

A Flos aeris Var A Flos aeris Var GracilisBentuk Anggrek Kalajengking

Habitat Anggrek Kalajengking

Anggrek kalajengking merupakan salah satu jenis tanaman hias yang pertama kali di temukan oleh Schlechter pada tahn 1911 di Minahasa. Dengan bentuk dan juga warnanya yang sangat menarik tidak heran jika anggrek ini sangatlah banyak di minati. Apalagi pembudidayaannya pun bisa di bilang tidak terlalu sulit.

Anggrek ini akan dapat hidup dengan baik pada ketinggian 800 sampai dengan 1000 mdpl. Selain itu untuk membuat pertumbuhannya cepat dan menampilkan bunga yang cantik, anggrek ini juga membutuhkan paparan sinar matahari langsung. Selain itu anggrek ini juga bisa tumbuh menempel dan ternaungi oleh kanopi pohon dengan ketinggian 12 mdpl.

Tidak saja hanya sampai disitu, bunga anggrek ini juga bisa tumbuh dengan sempurna mesih hidup di daerah pinggiran sungai bersemak atau juga di atas kayu lapuk dengan permukaan tanah dan diatas permukaan batuan kapur pada tebing sungai.

Cara Merawat Anggrek Kalajengking

Bagi anda yang ingin mencoba menanam anggrek ini, sekarang dapat dengan mudah menemukannya. Karena seperti diatas kami sampaikan bunga anggrek ini juga sudah banyak di budidayakan masyarakat Idonesia. Dimana dari data yang kami peroleh, harga bibit anggrek kalajengking ini sekitar 15 ribu sampai 40 ribu rupiah. Dan untuk anda yang ingin membudidayakan sendiri jenis anggrek ini, berikut adalah cara merawat bunga anggrek kalajengking yang baik dan benar.

  1. Siapkan bibit unggul dan memiliki pemeliharaan bagus dari awal
  2. Persiapkan media tanam yang baik sesuai dengan selera
  3. Pastikan tempat menanamnya di letakan pada lokasi yang sering terkena paparan sinar matahari langsung
  4. Siram secara berkala pada waktu pagi hari dan sore hari setiap harinya
  5. Berilah tambahan pupuk agar bisa tumbuh dengan sempurna
  6. Bersihkan area tanam dari tanaman tanaman lain yang bisa menghambat pertumbuhan secara berkala

Dengan bentuk bunga dan juga kecantikan warnanya tidak heran apabila sekarang ini sudah banyak sekali kita temukan masyarakat yang membudidayakan atau juga menanamnya sendiri untuk memeprcantik halaman rumah mereka. Nah kiranya sekian informasi yang bisa kami sampaikan semoga informasi diatas bisa menjadi informasi yang menarik dan juga menjadi informasi yang bisa membantu anda dalam memahami anggrek kalajengking.

You May Also Like

About the Author: ari