Anggrek Dendrobium Ungu : Ciri-Ciri, Cara Merawat, Harga Bibit

Anggrek Dendrobium Ungu – Bunga anggrek adalah salah satu jenis tanaman hias yang memilki tingkat eksotisme yang sangat tinggi. Selain indah, bunga anggrek juga merupakan salah satu jenis bunga yang memiliki beragam aspek menarik baik itu dari warna hingga bentuk bunganya. Jika sebelumnya kami membahas mengenai bunga anggrek bulan bintang yang berasa dari Kalimantan kini kami akan membagikan mengenai informasi seputar jenis bunga anggrek Ungu atau dalam bahasa latin disebut Dendrobium phalaenopsis.

Berbeda dari bunga anggrek yang lain, jenis bunga anggrek yang satu ini memang menawarkan keindahan yang sangat tinggi karena seperti namanya Anggrek Dendrobium Ungu ini menawarkan warna ungu pada bunganya. Yang mana warna ungu ini sangat asik dipandang dan juga terkesan sangat feminim sehingga amat sangat pas dan cocok ketika di jadikan sebagai tanaman hias di luar ataupun di dalam rumah. Anggrek ini termasuk dalam keluarga Orchideceae dan genus Dendrobium.

Selain itu jika di lihat secara struktut pertumbuhannya Anggrek Dendrobium Ungu ini masih sangat dekat dengan anggrek struberi, anggrek karawai, anggrek merpati dan juga anggrek zambrut. Dan jenis anggrek ini juga merupakan salah satu jenis bunga anggrek yang paling banyak di minati di Indonesia karena selain merupakan tumbuhan asli tanah air, dengan warnanya yang ungu dan cerah membautnya menjadi salah satu jenis tanaman hias yang begitu menarik untuk dimiliki termasuk sebagai bagian tanaman hias dirumah.

Merupakan jenis tanaman hias yang berasal dari pulau larat, maluku, Anggrek Dendrobium Ungu biasanya hidup di pohon-pohon dan juga karang-karang kapur yang seringkali mendapatkan paparan sinar matahari cukup. Disamping itu bunga nan indah ini juga termasuk jenis bunga anggrek langka yang kini dilindungi. Oleh karena itu, kini banyak sekali terdapat orang yang membudidayakan anggrek jenis ini selain bisa menjadi matapencaharian mereka juga bisa mempertahankan salah satu jenis tanaman langka di Indonesia.

Baca :  Apa Itu Anggrek Bulan ? Bagaimana Menanamnya ?

Apa Itu Anggrek Dendrobium Ungu dan Apa Ciri-Cirinya

Anggrek Dendrobium Ungu

Anggrek Dendrobium Ungu

Tidak seperti bunga Anggrek Bulan Bintang yang berasal dari Kalimantan, pertumbuhan Anggrek Dendrobium Ungu ini biasanya terjadi di daerah yang agak kering dan memiliki ketinggian jauh sekitar 400 mdpl. Meski begitu anda pun akan bisa menemukan jenis bunga anggrek ini di ketinggian sekitar >1000 mdpl. Itulah kelebihan dari bunga anggrek yang satu ini. Bagaimana tertarik untuk menanam atau membudidayakan bunga anggrek ini? berikut adalah beberapa informasi penting seputar Anggrek Dendrobium Ungu.

Ciri-Ciri Bunga Anggrek Dendrobium Ungu

  • Bentuk Daun : Berbentuk Panjang, Berbentuk Lanset dengan ujung yang tidak simetris, berdaging tebal, Tekstur Daun : Kaku dan berwarna hijau mudah hingga tua
  • Ukuran Daun : Panjang rata-rata 12 cm dan lebar 2 cm
  • Warna Bunga : Ungu dan bahkan ada beberapa warna yang berwarna ungu muda, putih, atau kombinasi keduanya
  • Bentuk Bunga : Tersusun pada tangkai bunga yang mempunyai bentuk tandan yang keluar dari buku-buku batang
  • Panjang tandan bunga : Mencapai 60 cm dan setiap tandanyya terdapat 6-24 kuntum bunga
  • Ukuran Bunga : Rata-rata berdiameter 6 cm

Klasifikasi Bunga Anggrek Dendrobium Ungu

  • Kingdom : Plantae
  • Divisi : Spermatophyta
  • Sub divisi : Angiospermae
  • Kelas : Monocotyledoneae
  • Ordo : Orchidales
  • Famili : Orchidaceae
  • Sub famili : Epidendroideae
  • Suku : Epidendreae
  • Sub suku : Dendrobiinae
  • Genus Dendrobium

Spesies : Dendrobium macrophylumm, Dendrobium canaliculatum, Dendrobium lineale, Dendrobium bifale dan Dendrobium secundum

Foto Anggrek Dendrobium Ungu

Habitat Bunga Anggrek Dendrobium Ungu

Seperti diatas kami sampaikan bahwasannya jenis bunga Anggrek Dendrobium Ungu ini merupakan salah satu jenis bunga anggrek yang cukup unik karena bunga ini mampu tumbuh dan berkembang di sekitaran daerah kering dengan ketinggian sekitar 400 mdpl namun ada kalanya anda juga bisa menemukan anggrek ini pada ketinggian >1000 mdpl.

Baca :  40 Jenis Bunga Anggrek Beserta Cara Menanam dan Merawat

Disamping itu, bunga anggrek yang satu ini juga biasanya mampu hidup dan berkembang dengan baik pada kisaran suhu optimal 25-27 derajat celcius dan untuk suhu minimalnya sekitar 21-23 derajat celcius sementara suhu maksimalnya sekitar 31-34 derajat celcius.

Cara Merawat Bunga Anggrek Dendrobium Ungu

Anda yang ingin menjadi pembudidaya Anggrek Dendrobium Ungu seharunya sudah mengetahui kisaran harga jual bibitnya yang dimana dilihat dari jenisnya memang Anggrek Dendrobium ini tergolong cukup mahal untuk bibitnya. Dimana dari data yang ada diketahui jika harga bibit Anggrek Dendrobium ini perbatangnya sekitar Rp 40 – 65 ribu rupiah. Nah untuk anda yang ingin membudidayakannya berikut adalah cara merawat Anggrek Dendrobium Ungu yang baik dan benar.

  1. Siapkan bibit yang unggul dan memiliki pemeliharaan yang bagus sejak awal
  2. Kemudian persiapkan media tanam yang baik seperti pot ataupun kulit kelapa yang masih bagus
  3. Selain itu pastikan juga tempat untuk menanam anggrek Dendrobium Ungu ini ditempatkan pada lokasi yang sering terkena sinar matahari
  4. Siram secara berkala pada waktu pagi hari sekitar jam 7 dan pada waktu sore hari pada jam 4 sore
  5. Jangan lupa gunakan juga pupuk kandang agar nantinya tanaman anggrek ini lebih bisa tumbuh dengan baik

Tidak heran apabila saat ini banyak sekali orang yang mencari keindahan dna kecantikan dari bunga anggrek Dendrobium Ungu ini pasalnya selain jelas bungannya yang indah bunga ini juga memiliki kesan yang menarik ketika dijadikan sebagai tanaman hias baik di dalam rumah ataupun diluar rumah. Nah itulah kiranya infomrasi yang dapat kami sampaikan semoga dapat menjadi informasi yang bermanfaat.

Assign a menu in the Left Menu options.
Assign a menu in the Right Menu options.