18 Cara Merawat Anggrek Agar Subur dan Berbunga

Cara Merawat Anggrek Agar Subur dan Berbunga – Anggrek memang salah satu tumbuhan hias yang banyak dicari oleh sebagian besar masyarakat Indonesia, terlebih bagi mereka yang punya hobi mengoleksi bunga-bunga hias atau mungkin para pembudidaya tanaman hias. Cara merawat Anggrek agar cepat berbunga juga memiliki cara dan tahapan yang berbeda-beda bagi masing-masing pembudidaya. Bagi kalian yang mungkin masih pemula, disini kami akan menyampaikan beberapa langkah cara merawat Anggrek agar subur dan berbunga.

Anggrek sendiri memiliki nama latin Orchidaceae yang mana termasuk dalam keluarga tanaman hias bunga. Populasi bunga ini juga tersebar, mulai dari daerah hutan yang gelap, bebatuan, lereng terbuka dan juga di daerah bebatuan pantai dengan garis pasang surut yang tinggi. Dan bukan hanya ditempat itu saja, bahkan di tepi gurun pasir juga tanaman yang satu ini dapat ditemukan. Anggrek tumbuh dari daerah kutub utara hingga khatulistiwa dan selatan di hampir seluruh benua terkecuali Antartika. Dan salah satu Anggrek yang paling banyak disukai adalah Anggrek Epifit dari daerah tropis.

Cara Merawat Anggrek Agar Subur dan Berbunga

Cara Merawat Anggrek Agar Subur dan Berbunga

Cara Merawat Anggrek Agar Subur dan Berbunga

Dan bebricara mengenai jenis, Angrek memiliki banyak sekali jenis (species) nya daripada keluarga tanaman-tanaman bunga hias lainnya. Para peneliti banyak yang beranggapan bahwa Anggrek memiliki lebih dari 25 ribu spesies yang tersebar di seluruh dunia. Akan tetapi sebab adanya kerusakan hutan, banyak sekali Anggrek yang hilang yang mana belum sampai kita kenali dan tidak tahu berapa pasti jumlahnya. Di Indonesia sendiri ada sekitar 4000 lebih spesies Anggrek yang hampir tersebar di seluruh kepulauan, mulai dari Kalimantan, Papua, Sumatera dan juga Jawa.

Jenis Anggrek yang tumbuh di Indonesia ini mencakup Vanda, Phalaenopsis, Coelogyne, Cymbidium, Paphiopedilum, Dendrobium, Bulbophyllum dan masih banyak lagi jenis lainnya. Dan untuk jenis yang paling terkenal di Indonesia adalah Anggrek Bulan yang juga dijadikan sebagai Bunga Nasional dengan julukan Puspa Pesona. Cara menanam bunga Anggrek Bulan juga bisa dikatakan cukup mudah, maka banyak sekali warga yang ingin menanam dan merawat bunga yang satu ini. Baiklah untuk lebih jelasnya lebih baik langsung saja kita simak ulasan mendalam mengenai cara merawat Anggrek agar subur dan berbunga berikut ini.

Baca :  10 Cara Menanam Bunga Seruni Bagi Pemula

Tips dan Cara Merawat Bunga Anggrek Agar Subur dan Berbunga

Tips dan Cara Merawat Bunga Anggrek Agar Subur dan Berbunga

Tips dan Cara Merawat Bunga Anggrek Agar Subur dan Berbunga

Cara merawat bunga Anggrek agar berbunga memang butuh beberapa langkah yang harus kita ikuti agar tanaman Anggrek yang kita tanaman menjadi tumbuh maksimal. Seperti halnya dengan memperhatikan keadaan, cahaya matahari, suhu, angin dan juga air. Nah lebih lengkapnya lebih baik kita simak dibawah ini:

1. Cahaya Matahari

Hal pertama yang harus kita ikuti ketika merawat bunga Anggrek agar subur dan berbunga adalah dengan memperhatikan cahaya matahari. Cahaya matahari merupakan energi yang sangat penting bagi kehidupan tanaman Anggrek, dimana cahaya matahari juga sebagai sumber fotosintesis yang mana akan menghasilkan energi yang sangat berguna bagi pertumbuhan Anggrek, baik untuk pertumbuhan atau membentuk daun, bunga dan juga biji.

Dan disamping itu cahaya matahari juga berfungsi dalam membentuk dan memperbaiki bagian dari tanaman Anggrek yang rusak dan menyimpan cadangan makanan. Perlu kalian ketahui juga bahwa jumlah dan intensitas cahaya matahari untuk setiap tanaman Anggrek berbeda-beda tergantung pada jenis tanaman Anggreknya.

2. Ketinggian Tempat

Langkah yang kedua adalah dengan melihat tempat ketinggiannya. Pada umumnya tanaman Anggrek ini tumbuh dengan baik di daerah yang tropis. Meskipun demikian, ketinggian tempat tumbuhnya ini dibagi menjadi 3 golongan, yakni:

  • Tanaman Anggrek yang tumbuh baik di dataran tinggi dengan ketinggian 1.001 mdpl dengan suhu 18-21 derajat celcius pada siang hari, dan 13-18 derajat celcius pada malam hari. Jenis Anggrek yang tumbuh sehat di dataran tinggi adalah Cymbidium, Miltonia dan Paphiopedilum.
  • Tanaman Anggrek yang tumbuh baik di dataran sedang dengan ketinggian 501-1000 mdpl dengan suhu 29-32 derajat celcius pada siang hari dan 19-21 derajat celcius pada malam hari. Jenis Angrek yang tumbuh sehat di dataran sedang adalah Dendrobium, Cattleya, Phalaenopsis dan Onchidium.
  • Tanaman Anggrek yang tumbuh baik di dataran rendah dengan ketinggian 500 mdpl dengan suhu 34-38 derajat celcius pada siang hari. Jenis Angrek yang tumbuh sehat di dataran sedang adalah Arachnis, Renanthera dan Vanda.
Baca :  10 Teknik Budidaya Tanaman Hias yang Wajib Diketahui

3. Sirkulasi Udara

Tips yang selanjutnya adalah dengan memperhatikan sirkulasi udaranya. Tanaman Anggrek ini memerlukan sirkulasi udara yang baik agar cepar berbunga dan tumbuh dengan baik. Definisi udara yang baik untuk pertumbuhan Anggrek adalah udara yang berhembus lembut atau sepoi-sepoi. Hal ini bertujuan untuk pergantian udara pada permukaan daun dan akar Anggrek. Jika surkulasi udara kencang nantinya akan membuat dehidrasi karena air pada permukaan daun dan akar akan mudah terbawa udara.

4. Kelembapan Udara

Selanjutnya yang harus diperhatikan dalam cara merawat bunga Anggrek agar subur dan berbunga adalah dengan memeperhatikan kelembapan udara. Kelembapan udara yang baik untuk pertumbuhan Anggrek adalah tidak kurang dari 70%.

5. Fotoperioditas

Tips dan cara merawat bunga Anggrek agar subur dan berbunga yang kelima adalah Fotoperioditas. Fotoperidoutas adalah waktu pencahayaan matahari terhadap tanaman Anggrek, dimana tips ini sangat berpengaruh bagi pertumbuhan Anggrek. Lama atau lambatnya pencahayaan akan berdampak pada sintesis hormon florigen (hormon tumbuh yang memicu pembentukan bakal bunga). Pada saat periode gelap lebih lama dibandingkan dengan terang, sintesis hormon florigen lebih banyak dan bakal tanaman akan tumbuh dengan lebih cepat.

6. Faktor Genetis

Dan tips cara merawat bunga Anggrek agar subur dan berbunga yang terakhir adalah Faktor Genetis. Disini kalian harus jeli dalam memilih tanaman Anggrek dengan genetika yang bagus, karena ini sangat menentukan pertumbuhan Anggrek nantinya.

Cara Merawat Bunga Anggrek Agar Subur dan Berbunga

  • Rumah lindung yang tepat dan cocok. Anggrek harus diletakkan dalam rumah yang memiliki intensitas cahaya 50-70% dengan cara memasang paranet di atap rumah.
  • Anggrek juga harus disusun dengan rajin agar Anggrek nantinya cepat berbunga. Alangkah baiknya jika disusun pada rak-rak datar dengan ketinggian 1 meter dan usahakan jangan ditaruh berjenjang karena akan mengganggu sirkulasi udara.
  • Agar Anggrek rajin berbungan, kelembapan udara yang diperlukan yakni 60-80%. Agar kelembapan udara tetap terjaga, kalian dapat membuat kolam dibawah rak.
  • Media tanam yang digunakan disusun 2 bagian, 1/3 bagian bawah diisi dengan potongan batu bata dan 2/3 diisi pakis.
  • Pot juga perlu diperhatikan. Kalian dapat menggunakan pot yang terbuat dari tanah liat dan berlubang.
  • Kandungan air pada Anggrek usahakan cukup. Jika cuaca panas kalian perlu menyiramnya 2 kali sehari, dan ketika cuaca hujan kalian tidak harus melakukan penyiraman. Waktu penyiraman yang tepat yakni pada jam 07-09 pagi dan jam 03-05 sore.
  • Pemberian pupuk dengan unsur hara P yang tinggi yang juga dapat kalian lakukan dengan menyemprot atau bisa juga dilakukan ketika menyirami Anggrek. Selain itu kalian juga dapat memakai pupuk slow rilis yang ditaburkan pada media tanam yang digunakan.
  • Cara merawat Anggrek agar subur dan berbunga, kalian juga dapat memberika ZPT atau hormon. Kalian dapat menggunakan air kelapa dengan konsentrasi 15% (150 ml air kelapa dibuat larutan semprot sebanyak 1 liter).
  • Nah yang terakhir yakni dengan memperhatikan hama penyakit. Sama halnya dengan tanaman lain, Anggrek juga tak luput dari serangan hama, maka dari itu untuk mencegahnya kita diwajibkan untuk membersihkan Anggrek dari kotoran, gulma dan juga daun-daun busuk. Pakailah insektisida jika Anggrek terserang hama, fungisida bila terserang jamur dan bakterisida jika terserang bakteri.
Baca :  8 Cara Menanam Anggrek Hidroponik Yang Mudah

Nah itulah beberapa tips dan cara merawat Anggrek agar subur dan berbunga. Cara-cara diatas dapat kalian lakukan dirumah agar bunga Anggrek yang kalian tanam menjadi subur dan cepat berbunga, Baiklah mungkin hanya ini saja yang dapat kami sampaikan, semoga artikel mengenai cara merawat Anggrek agar subur dan berbunga dapat bermanfaat bagi anda semua. Sekian dari kami dan terima kasih atas perhatiannya.

Assign a menu in the Left Menu options.
Assign a menu in the Right Menu options.